Indeks Berita Ekonomi Bisnis 01 Oktober 2020

Opung Luhut! Jika Asas Cabotage Dicabut, Kedaulatan Maritim Kita Terancam
Setiap kapal angkutan yang berlayar di Indonesia harus berbendera merah putih, mengacu pada asas cabotage yang ditegaskan dalam Inpres No. 5 Tahun 2005 dan UU Pelayaran No.17 Tahun 2008.
Asuransi Gedung DPR RI Digarap Jasindo dan Konsorsium
PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyerahkan surat perjanjian kerja sama (PKS) dan polis Asuransi Barang Milik Negara (ABMN) kepada Sekretariat Jenderal DPR RI
Final! Hanya 12,4 Juta Pekerja yang Lolos Kriteria Penerima BLT Gaji
Dirut BPJamsostek mengatakan total data peserta yang lolos validasi dan sesuai dengan kriteria Permenaker diserahkan berjumlah total 12.418.588 data pekerja.
Serba-Salah! Rasio Pajak Indonesia Terendah di Dunia, Digenjot Lagi Pandemi
Director of Centre for Tax Policy and Admistration OECD Pascal Saint-Amans mengatakan, tantangan utama Indonesia adalah rasio pajak terhadap PDB salah satu yang terendah di dunia.
Data 618.588 BLT Pekerja Tahap V Diterima Kemnaker, Tungguin Ya Transferannya
Kemnaker kembali menerima data penerima subsidi bantuan upah (BSU) atau blt karyawan dengan gaji di bawah Rp5 juta untuk tahap V dari BPJS Ketenagakerjaan.
Dua Tahun Lagi, Seluruh Desa Terkoneksi Jaringan 4G
Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan pada akhir tahun 2022, seluruh seluruh kelurahan/desa di Indonesia telah memiliki akses ke jaringan 4G.
Nanjak 2,05 Persen, IHSG Ditutup Menguat ke Level 4.970
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil masuk zona hijau pada sesi terakhir perdagangan hari ini. IHSG ditutup naik 100,05 poin atau 2,05 persen ke 4.970.
Wow Mahal Nian, Obat Covid-19 Asal India Ini Dibanderol Rp3 Juta!
Harga jual Covifor saat ini sekitar Rp3 juta per unit. Namun, ini sangat tergantung volume. Jika permintaan obat impor ini meningkat, bisa ditinjau kembali.
Jokowi ke Pedagang Kecil: Kalau Masih Untung Patut Disyukuri, Usaha Gede Banyak yang Tutup
Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerjanya di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, membagikan bantuan modal kerja (BMK) kepada para pedagang mikro dan kecil
Karyawan Pizza Hut Jualan di Jalan, Bagaimana Pergerakan Sahamnya
Heboh karyawannya berjualan di jalan bagian dari strategi Pizza Hut Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Lantas, bagaimana dengan pergerakan saham perusahaan dengan kode emiten PZZA itu.
PLN Kembali Turunkan Tarif Listrik, Kecil Sih Tapi Meringankan
PLN memastikan tarif listrik untuk pelanggan non subsidi tegangan rendah turun pada bulan Oktober 2020. Di mana penurunan tarif ini sebesar Rp 22,58 per kWh.
Pacu Potensi Industri Agribisnis, Teluk Bintuni Dibangun Pusat Pengembangan Produk Tani
Sebagai daerah KIK, Teluk Bintuni, Papua Barat menyimpan potensi agribisnis industri yang begitu besar. Sebab itu, terus di dorong agar pertumbuhan ekonomi daerah tersebut melaju pesat.
Kabar Gembira! , Guru Ngaji dan Guru Honorer Juga Akan Kebagian Subsidi Gaji
Kabar gembira datang dari Kemnaker setelah memberikan bantuan subsidi gaji atau upah (BSU) bagi para pekerja atau buruh. Kini giliran guru honorer dan guru ngaji yang bakal ketiban rejeki dari subsidi gaji.
Angkat Potensi Daerah, OJK Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meyakini bahwa masih banyak potensi-potensi di daerah yang dapat dikembangkan untuk mendorong pertumbuhan perekonomian nasional.
Thailand Hentikan Bea Masuk Safeguard Baja Canai Panas, Lets Go Ekspor
Keputusan Thailand yang menghentikan pengenaan bea masuk tindakan pengamanan (safeguard) produk baja canai panas, jadi kesempatan bagi Indonesia untuk terus mendorong ekspor.
Anggota DPR dari PDI-P: Omnibus Law Disahkan, UMKM Bangkit
Anggota PanjaDPR Andreas Eddy Susetyomendorong agar Omnibus Law lekas disahkan karena diyakini mampu membangkitkan ekonomi UMKM.
Mantap! Sektor Perbankan Tetap Terjaga di Tengah Masa Pandemi
OJK memastikan kondisi industri perbankan saat ini masih terjaga didukung permodalan yang tinggi dan likuiditas yang amat memadai meski di tengah pandemi.
Ekonomi China dan Jepang Mulai Pulih, Harga Batu Bara Terkerek 3,2%
Harga Batu Bara Acuan (HBA) bulan Oktober 2020 mengalami kenaikan sebesar 3,2% dibandingkan HBA bulan September 2020.
Salip China, Turis Timor Leste dan Malaysia Paling Banyak Kunjungi Indonesia
BPS mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari Timor Leste dan Malaysia menjadi penyumbang terbesar menggantikan dominasi China.
Hikmah Pandemi, Momentum Bagi Percepatan Transformasi Digital
Pandemi Covid-19 selain menjadi faktor pendorong perubahan kultur, juga menjadi momentum percepatan transformasi digital di berbagai negara, termasuk Indonesia.