Indeks Berita Ekonomi Bisnis 01 Oktober 2020

Wakilnya Anies Minta BPJamsostek Perbesar Investasi untuk Bank DKI
Wakil Gubernur DKI Jakarta A. Riza Patria mempertanyakan kebijakan BPJamsostek yang tidak memperhatikan Bank DKI dalam penempatan dana investasi di sepanjang semester I 2020.
Gandeng Korsel, Vaksin Covid-19 Siap Uji Klinis Tahap Kedua
Kalbe Farma mengungkapkan bahwa perkembangan kerja sama vaksin Covid-19 dengan perusahaan asal Korsel yakni Genexine, sudah memasuki uji klinis tahap kedua.
Langkah Ekspor Pemprov Sulut Lewat Udara Dinilai Positif Buka Pasar
angkah Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang melakukan ekspor perdana memanfaatkan kargo udara merupakan langkah positif pada situasi pandemi Covid-19.
PSBB Jilid II Bikin Indeks Manufaktur Merosot Lagi
IHS Markit mencatat Purchasing Manager's Index (PMI) Manufaktur Indonesia turun hampir empat poin dari 50,8 pada bulan Agustus menjadi 47,2 pada September.
Saling Mendukung, Pariwisata dan Perdagangan Harus Jalan Bareng
Pariwisata menghasilkan aliran ekonomi yang baik bagi daerah tujuan wisata dan sekitarnya. Untuk memaksimalkannya, perdagangan di daerah tujuan wisata juga harus dioptimalkan.
OJK Catat Baki Debet 74 Perusahaan Besar Berkurang
Otoritas Jasa Keuangan mencatat di segmen korporasi adanya penurunan baki debet atau total kredit (pinjaman) di perbankan dari 74 debitur terbesar di Indonesia
Nikmat, di Tengah Pandemi Industri Kopi Bisa Seruput Devisa USD211 Juta
Kinerja sektor industri pengolahan kopi di tengah pandemi masih positif, tercermin dari neraca perdagangan Januari-Juni 2020 yang mengalami surplus USD211,05 juta.
Buruh Ancam Mogok Nasional, Awas! Kadin Bilang Engga Sah dan Bisa Kena Sanksi
Ancaman mogok nasional selama 3 hari dari mulai 6-8 Oktober 2020, mendatang sebagai bentuk penolakan terhadap RUU Cipta Kerja (Ciptaker) yang dilontarkan para buruh direspons oleh kalangan pengusaha.
Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional, Ini Sejumlah Kebijakan OJK
Berbagai kebijakan dikeluarkan OJK untuk menjaga sektor jasa keuangan tetap stabil sehingga bisa mendukung pemulihan ekonomi nasional yang melemah akibat pandemi.
Sri Mulyani Cs Disebut Frustasi Kelola Ekonomi, Nih Penjelasan Faisal Basri
Faisal Basri memberikan sentilan kepada pengendali kebijakan ekonomi di Indonesia. Tak terkecuali Menkeu Sri Mulyani Indrawati hingga Gubernur BI Perry Warjiyo yang menurutnya sedang frustasi
Burung Garuda Aja Mau Pakai Masker, Kenapa Manusia Enggak?
Garuda Indonesia pada hari ini resmi meluncurkan livery khusus yang menampilkan visual masker pada bagian depan (hidung) pesawat Airbus A330-900 Neo.
GRP On The Right Track Perkuat Penerapan Good Governance
Komisaris PT Gunung Raja Paksi Tbk, Kimin Tanoto menegaskan komitmen untuk terus memperkuat penerapan prinsip good governance.
Meski Masih Pandemi, Orang yang Check In di Hotel Mulai Banyak
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat penghunian kamar (TPK) hotel klasifikasi bintang di Indonesia pada Agustus 2020 mencapai rata-rata 32,93%.
IAGI Exploration Award 2020, BUMN Dominasi Posisi Teratas
Penghargaan IEA 2020 diberikan kepada para juara eksplorasi yang diwadahi dalam badan usaha/perusahaan, baik BUMN maupun badan usaha swasta di bidang migas, panas bumi, minerba.
2,4 Juta Orang Batal Dapat Gaji Tambahan, Perusahaan Telat Jadi Salah Satu Penyebab
BPJS Ketenagakerjaan menerangkan dari jumlah itu hanya ada 12,4 juta rekening yang valid dari target, dimana artinya ada 2,4 juta tak valid.
Mau Pajak Naik? Bongkar Tuh Rahasia Orang-Orang Kaya di Bank
Director of Centre for Tax Policy and Admistration OECD Pascal Saint-Amans menyampaikan, ada tiga elemen penting yang perlu diperhatikan jika Indonesia ingin melakukan reformasi perpajakan.
Analis Sebut Bukan Saham Big Caps yang Dorong Indeks Menguat, Jadi?
Dari torehan positif IHSG hari ini, Hendriko menyebut kenaikan IHSG tidak didorong oleh saham-saham big caps, melainkan saham-saham yang berada di bawahnya.
Dividen Turun Signifikan, BUMN Ini Tetap Pede Lunasi Utang Triliunan
Utang yang akan dilunasi tersebut merupakan utang subsidi pupuk yang bila dijumlahkan hingga tahun 2020 ini nilainya mencapai Rp17 triliun.
Pengembangan Energi Surya di Indonesia Gantungkan Harapan ke RUU EBT
Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI) Andhika Prastawa mengatakan, implementasi pengembangan energi surya di Indonesia sering kali tidak konsisten.
Rawan Banjir, PLN Amankan Sistem Kelistrikan DKI Jakarta
PLN Disjaya gerak cepat mengantisipasi dampak datangnya musim hujan terhadap jalur sistem kelistrikan khususnya di DKI Jakarta yang rawan banjir.