Indeks Berita Ekonomi Bisnis 01 Oktober 2020

PLN Kembali Turunkan Tarif Listrik, Kecil Sih Tapi Meringankan
PLN memastikan tarif listrik untuk pelanggan non subsidi tegangan rendah turun pada bulan Oktober 2020. Di mana penurunan tarif ini sebesar Rp 22,58 per kWh.
Pacu Potensi Industri Agribisnis, Teluk Bintuni Dibangun Pusat Pengembangan Produk Tani
Sebagai daerah KIK, Teluk Bintuni, Papua Barat menyimpan potensi agribisnis industri yang begitu besar. Sebab itu, terus di dorong agar pertumbuhan ekonomi daerah tersebut melaju pesat.
Kabar Gembira! , Guru Ngaji dan Guru Honorer Juga Akan Kebagian Subsidi Gaji
Kabar gembira datang dari Kemnaker setelah memberikan bantuan subsidi gaji atau upah (BSU) bagi para pekerja atau buruh. Kini giliran guru honorer dan guru ngaji yang bakal ketiban rejeki dari subsidi gaji.
Angkat Potensi Daerah, OJK Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meyakini bahwa masih banyak potensi-potensi di daerah yang dapat dikembangkan untuk mendorong pertumbuhan perekonomian nasional.
Thailand Hentikan Bea Masuk Safeguard Baja Canai Panas, Lets Go Ekspor
Keputusan Thailand yang menghentikan pengenaan bea masuk tindakan pengamanan (safeguard) produk baja canai panas, jadi kesempatan bagi Indonesia untuk terus mendorong ekspor.
Anggota DPR dari PDI-P: Omnibus Law Disahkan, UMKM Bangkit
Anggota PanjaDPR Andreas Eddy Susetyomendorong agar Omnibus Law lekas disahkan karena diyakini mampu membangkitkan ekonomi UMKM.
Mantap! Sektor Perbankan Tetap Terjaga di Tengah Masa Pandemi
OJK memastikan kondisi industri perbankan saat ini masih terjaga didukung permodalan yang tinggi dan likuiditas yang amat memadai meski di tengah pandemi.
Ekonomi China dan Jepang Mulai Pulih, Harga Batu Bara Terkerek 3,2%
Harga Batu Bara Acuan (HBA) bulan Oktober 2020 mengalami kenaikan sebesar 3,2% dibandingkan HBA bulan September 2020.
Salip China, Turis Timor Leste dan Malaysia Paling Banyak Kunjungi Indonesia
BPS mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari Timor Leste dan Malaysia menjadi penyumbang terbesar menggantikan dominasi China.
Hikmah Pandemi, Momentum Bagi Percepatan Transformasi Digital
Pandemi Covid-19 selain menjadi faktor pendorong perubahan kultur, juga menjadi momentum percepatan transformasi digital di berbagai negara, termasuk Indonesia.
Bursa Saham Tertekan Aksi Jual, Tapi Minat Cari Duit di Pasar Modal Masih Tinggi
Sejalan dengan masih tingginya tekanan pada ekonomi domestik, kinerja pasar saham dan pasar Surat Berharga Negara (SBN) kembali mengalami tekanan di beberapa hari terakhir.
Awas Kas Jebol, Restrukrisasi Kredit di Bank Pelat Merah Sudah Rp144 T
Untuk restrukrisasi di sektor UMKM sebesar Rp360,59 Triliun dengan 5,82 juta debitur dan sektor Non UMKM sebesar Rp523,87 Triliun dengan 1,44 juta debitur.
Omnibus Law Harus Segera Disahkan, DPR: Sudah Ditunggu Masyarakat
Anggota Panja Omnibus Law Andreas Eddy Susetyo terus mendorong agar Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja segera disahkan dengan alasan sudah dinantikan masyarakat.
Ekonomi RI Minus, Bos OJK : Tidak Berlebihan untuk Tetap Bersyukur
Ketua OJK Wimboh Santoso menerangkan, tidak berlebihan untuk tetap bersyukur apabila melihat kontraksi ekonomi Indonesia yang tidak seburuk negara lain.
Sri Mulyani Mengaku Kalah dari Malaysia, Soal Apa Ya?
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengaku masih kalah dengan negara tetangga seperti Malaysia, soal urusan hilirisasi kelapa sawit.
Arahan Luhut Soal Menghidupkan Tol Laut, Kerahkan Anak Buah untuk Mengawal
Menko Luhut memberikan arahan langsung terkait upaya menghidupkan kembali dan menyukseskan program Tol Laut hingga mengerahkan anak buahnya untuk mengawal.
Terungkap! Deflasi Tujuh Bulan Ngedur Pernah Terjadi Saat Krisis 1999
Badan Pusat Statistik (BPS) deflasi berturut-turut selama tujuh bulan pernah terjadi saat krisis ekonomi 1998-1999.
Bebas Pajak Mobil Baru Bukan Penolong, Ekonomi RI Tetap Kontraksi
Rencana pajak 0% bagi mobil baru diyakini tidak memiliki dampak signifikan untuk menolong perekonomian Indonesia dari jurang resesi pada kuartal III-2020 nanti.
Kelompok Mamin dan Tembakau Sumbang Terbesar Deflasi September 2020
Deflasi pada bulan September 2020 sebesar 0,05% terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh indeks kelompok pengeluaran, terutama kelompok makanan, minuman dan tembakau.
Deflasi 3 Kali Berturut-turut, Ekonomi RI Terancam Depresi
Deflasi yang terjadi sebanyak tiga kali ini bisa membuat ekonomi Indonesia tidak hanya terancam resesi tapi diproyeksikan bakal mengalami depresi akibat terus tertekan menurunnya daya beli masyarakat.