Indeks Berita Ekonomi Bisnis 29 Mei 2020

Jokowi  Minta 245 Usulan Proyek Strategis Nasional Baru Dikalkulasi Rinci
Presiden Jokowi menegaskan bahwa prioritas harus diberikan kepada proyek strategis yang memiliki daya ungkit besar pada pemulihan ekonomi pascapandemi.
Akhirnya, Setelah 8 Tahun Krakatau Steel Berhasil Cetak Laba
Langkah perbaikan bisnis yang dilakukan Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim sejak 2019 mulai menunjukkan hasilnya di triwulan I/2020 ini.
Pertumbuhan Kredit Perbankan Tumbuh 5,73% di April 2020
Kredit perbankan tumbuh sebesar 5,73% yoy, sementara piutang pembiayaan perusahaan pembiayaan tercatat tumbuh sebesar 0,8% yoy pada April 2020.
Jokowi: Percepat Proyek Strategis yang Berdampak Bagi Rakyat
Presiden Jokowi menekankan bahwa proyek strategis nasional (PSN) yang sedang berjalan akan dipercepat, khususnya proyek yang berdampak langsung bagi penguatan ekonomi rakyat.
Dolar Bergerak Mendatar di Awal Sesi Saat Yuan Jatuh
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada awal perdagangan, Jumat (29/5/2020) dibuka stabil dengan kecenderungan di bawah tekanan dari sesi sebelumnya
Rayakan Idul Fitri, MNC Sekuritas Gelar Saham Jadi Berkah
MNC Sekuritas sebagai salah satu penyedia layanan SOTS, berkomitmen terus mengedukasi masyarakat bahwa investasi saham bisa dilakukan sesuai prinsip syariah.
Erick Thohir: Sri Mulyani Sudah Bayar Utang ke BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa utang yang telah dibayarkan pemerintah bisa membantu BUMN untuk memperbaiki cashflow yang terdampak virus corona.
Mentan Pastikan Produksi Bawang Merah Melimpah
Mentan Syahrul Yasin Limpo berkomitmen untuk menggenjot produksi pangan, sehingga Kabupaten Bima menjadi penyangga pangan nasional, khususnya bawang merah.
Harga Minyak Mentah Turun Saat Permintaan Bakar Bakar Masih Lemah
Harga minyak mentah dunia jatuh pada perdagangan, Jumat (29/5/2020) setelah data inventarisasi Amerika Serikat (AS) menunjukkan permintaan bahan bakar masih lemah di kalangan konsumen
OJK Pastikan Sektor Jasa Keuangan Pada Level Terkendali
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerangkan, profil risiko lembaga jasa keuangan pada April 2020 masih terjaga pada level yang terkendali
Soal 500 TKA China, Kemenko Maritim dan Investasi Kembali Buka Suara
Sebanyak 500 tenaga kerja asing asal China direncanakan kembali datang ke Indonesia sekitar akhir Juni atau awal Juli terkait pembangunan smelter di Konawe.
IHSG Dibuka Turun Tipis Iringi Penyusutan Bursa Asia
IHSG pada perdagangan, Jumat (29/5/2020) dibuka tergelincir mengiringi penyusutan bursa utama Asia lainnya saat investor bereaksi terhadap RUU keamanan China untuk Hong Kong.
Rupiah Diprediksi Tertekan Diterpa Sentimen Negatif Global
Nilai tukar rupiah pada akhir pekan ini diperkirakan bakal tertekan terhadap dolar Amerika Serikat (USD) seiring peningkatan ketegangan AS dan China.
Airlangga: Belum Ada Rencana Pembukaan Mal di DKI Jakarta per 5 Juni
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah belum memiliki rencana membuka kembali pusat perbelanjaan atau mal di DKI Jakarta per 5 Juni 2020 nanti.
Jaga Likuditas Perbankan, BI Tekankan Belum Perlu Pakai Skema PLJP
Bank Indonesia (BI) menekankan, belum perlu menggunakan skema Pinjaman Likuiditas Jangka Pendek (PLJP) maupun PLJPS untuk menjaga likuiditas dan kesehatan perbankan nasional.
Respons Ekonomi Nasional, OJK Kembali Relaksasi Aturan Perbankan
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memberikan respons perkembangan kondisi perekonomian nasional dengan kembali menerbitkan kebijakan relaksasi aturan sektor perbankan.
Pembangunan Infrastruktur 5 KSPN Tetap Berjalan, PUPR Alokasikan Rp8,82 Triliun
Mendukung produktivitas di sektor pariwisata pada tatanan new normal di tengah Pandemi COVID-19, Kementerian PUPR terus menyelesaikan pekerjaan infrastruktur di 5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas
Pengembangan Vaksin Covid-19, Kalbe Farma Gandeng Perusahaan Korea
PT Kalbe Farma Tbk melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Genexine, Inc. suatu perusahaan obat biologi dari Korea Selatan untuk mengembangkan vaksin Covid-19
Tunjangan dan THR Petugas Kesehatan Telat, Kemenkeu Beri Jaminan  Cair
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkap penyebab keterlambatan tunjangan dan THR karena verifikasi data yang membutuhkan waktu, meski begitu dijamin akan tetap disalurkan
New Normal di BUMN, Erick Thohir Kedepankan Penggunaan Teknologi
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengedepankan, penggunaan teknologi untuk memudahkan pekerjaan dalam menerapkan New Normal di lingkungan perusahaan pelat merah.