Indeks Berita Ekonomi Bisnis 29 Mei 2020

Penggunaan Internet Meningkat, Gojek Pastikan Keamanan Sistem Tetap Aman
Keamanan ekosistem Gojek terus diperkuat dengan Gojek SHIELD, yaitu teknologi keamanan kelas dunia yang menjamin keamanan pengguna saat menggunakan aplikasi Gojek.
Kadin Ajukan Permintaan Jaminan Modal Kerja ke Pemerintah
Salah satu yang kami harapkan dari pemerintah adalah bantuan likuiditas, melalui pihak perbankan. Kami berharap ada injeksi dari perbankan, terutama memberikan modal kerja.
Maskapai Siapkan Operasional Sambut Kondisi Normal Baru
Sektor angkutan udara perlahan siap menyambut kondisi kenormalan baru dengan menyiapkan armada, termasuk memahami secara seksama semua ketentuan yang berlaku.
Ingin Tambah Devisa, Airlangga Pacu Proyek Energi dan Tambang
Ini finalisasi dengan investor dari Taiwan, di mana akan dibuat refinery yang terintegrasi dengan Petrokimia. Besarnya diharapkan mencapai USD12 miliar.
Minat Investor Berinvestasi di Tanamduit Tumbuh Signifikan di Tengah Pandemi
Tanamduit mencatatkan peningkatan minat investasi nasabah di tengah pandemi Covid-19 seiring upaya program edukasi yang dilakukan perusahaan secara aktif.
Proyek 5 Destinasi Super Prioritas Dipastikan Tetap Berjalan
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan tahun ini pemerintah menganggarkan Rp6,4 triliun untuk menggarap 5 destinasi pariwisata super prioritas.
Peruri Dukung Kolaborasi Bank BRI dan Industri Kreatif
Berkontribusi untuk memberikan kegiatan positif di masa stay at home dan work from home, Peruri menyatakan siap dukung kolaborasi Bank BRI dan para pegiat industri kreatif yang berinovasi dari rumah.
KBI Siapkan Dua Protokol Hadapi Normal Baru
Untuk menghadapi kenormalan baru, KBI telah menyiapkan protokol kesehatan bagi karyawan, serta protokol pelayanan prima bagi pemangku kepentingan.
BI: Potensi Resesi Ekonomi Global Tetap Besar
Ketahanan sektor eksternal ekonomi Indonesia tetap baik. Tercermin dari defisit transaksi berjalan kuartal I 2020 yang menurun menjadi 1,4% PDB dari 2,8% PDB pada kuartal IV 2019.
Satgas Waspada Investasi Normalisasi 35 Koperasi yang Diduga Lakukan Kegiatan Ilegal
Satgas Waspada Investasi dan Kemenkop UKM menormalisasi 35 koperasi dari 50 koperasi yang sebelumnya diduga melakukan kegiatannya yang tidak sesuai dengan prinsip perkoperasian.
LPS Turunkan Bunga Penjaminan Jadi 5,50%
LPS menurunkan tingkat bunga penjaminan rupiah LPS menjadi 5,50% dan tingkat bunga penjaminan valas 1,5% untuk Bank Umun. Sedangkan untuk BPR menjadi 8%.
Erick: Stimulus Pemerintah Bisa Menahan Laju Pelemahan Ekonomi
Menteri BUMN berujar akan tumbuhnya kembali perekonomian Indonesia karena adanya stimulus dari pemerintah, baik untuk pelaku UMKM maupun pengusaha lainnya.
Kereta Cepat Berlanjut, Erick: Lapangan Kerja Bakal Bertambah
Sebelumnya, proyek kereta cepat dari Jakarta-Bandung. Presiden malah ingin disambungkan Jakarta, Bandung hingga Surabaya. Dan ini pasti menyerap tenaga kerja luar biasa.
Mendes PDTT : Penyaluran BLT Dana Desa Capai Rp3,2 Triliun
Hingga Kamis (28/5), BLT Dana Desa yang sudah disalurkan Rp3,2 triliun. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5,40 juta keluarga penerima manfaat sudah menerima BLT Dana Desa.
Sektor Perbankan Dinilai Paling Siap Terapkan New Normal
Saya melihat perbankan yang tidak terkena dampak. Mereka yang paling siap karena sudah menyiapkan SOP sejak pandemi Covid-19 dari menjaga jarak tempat duduknya, menggunakan masker, dan lainnya.
Mulai Bulan Juni, Mendag Tegaskan Pusat Perdagangan Kembali Dibuka
Aktivitas yang akan dibuka dalam new normal ini. Seperti pasar rakyat, toko swalayan, restoran, toko obat, mal, restoran di rest area, tempat hiburan serta pariwisata.
Erick Thohir Sebut Utang Pemerintah ke BUMN Rp90 T Belum Dibayar
Kebanyakan piutang BUMN ini berasal dari perusahaan sektor energi seperti listrik dan BBM, sehingga penting untuk roda ekonomi apalagi pertumbuhan dunia usaha.
Tak Hanya Perspektif Ekonomi, Skema New Normal Butuh Green Map
Pusat dan Daerah wajib punya pedoman seperti Green Map, yakni sebuah peta jalan yang menjelaskan tentang tata cara kehidupan masyarakat di pedesaan dan kota kecil pasca pendemi Covid-19
Penyaluran BLT Dana Desa di 26 Daerah Masih Nol Persen
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menyatakan masih ada daerah yang belum sama sekali menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa kepada masyarakat alias 0%.
Penjualan Pencetakan Sarung Tangan Naik 9,94% di Masa Pandemi Covid-19
Penjualan sarung tangan Mark Dynamics berhasil membukukan penjualan Rp96,81 miliar pada kuartal I tahun 2020, atau meningkat 9,94% dibandingkan kuartal I tahun 2019 sebesar Rp88,06 miliar.