Indeks Berita Ekonomi Bisnis 03 Juni 2020

Kejar Ketertinggalan, Gapmmi Harap Ada Festive Season Baru dalam New Normal
Pengusaha makanan dan minuman juga merencanakan untuk mengulang pasar rakyat di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia untuk menggairahkan ekonomi.
Lima Arahan Jokowi Soal Pemulihan Ekonomi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan khusus terkait program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) kepada jajaran Menterinya
Kemenperin Pastikan Industri Mamin Jalani Pemulihan Produktivitas
Kemenperin aktif berkoordinasi dengan para pelaku usaha dan asosiasi industri untuk merumuskan kebijakan-kebijakan strategis dalam rangka menghadapi tatanan kenormalan baru.
Menata Hunian saat Penerapan Aturan di Rumah Saja
Desainer Interior Ferdian Khalif Rahmadani menyebut bahwa area depan rumah tetap harus terlihat rapi saat Lebaran dan pasca-Lebaran.
Tips Cara Terhindar dari Developer Bodong
Dalam setiap usaha di bidang apa pun selalu saja terdapat orang atau perusahaan yang ingin mengambil keuntungan dengan cara tidak halal. Salah satu contohnya di bidang properti atau perumahan.
90% Pertemuan Batal Imbas Corona, Kemenparekraf Prioritaskan MICE di New Normal
Ivendo menyebutkan telah terjadi 96,4% penundaan dan 84,8% pembatalan event di 17 provinsi. Estimasi kerugian dari 1.218 organizers di seluruh Indonesia Rp2,7-6,9 triliun.
Menkeu Gelontorkan Dana Rp52,57 Triliun untuk 12 BUMN
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan Rp52,57 triliun bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang masuk dalam program pemulihan ekonomi dampak Covid-19.
Jokowi Ajak Pelaku Usaha Berbagi Beban Dalam Pemulihan Ekonomi
Jokowi minta konsep berbagi beban, sharing the pain harus jadi acuan bersama antara pemerintah, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, perbankan, pelaku usaha.
Berupaya Makin Eksis di Layanan Kargo, Garuda Luncurkan KirimAja
Garuda Indonesia Group melalui lini usaha transportasi dan logistik-PT Aerojasa Cargo secara resmi meluncurkan layanan pengiriman barang berbasis aplikasi digital KirimAja.
Terlihat Asri, Tanaman Rambat Buat Carport Lebih Adem
Fungsi tanaman merambat yang digunakan untuk menutup bagian atap carport tidak hanya memberikan kesan natural dan asri, tetapi juga bisa sebagai penyaring sinar matahari yang masuk ke area carport sehingga lebih teduh.
Mulai 5 Juni Lion Air Group Stop Seluruh Penerbangan
Operasional penerbangan penumpang berjadwal domestik dan internasional Lion Air Group distop mulai 5 Juni 2020 sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut.
Terimbas Covid-19, Industri Mamin Diprediksi Hanya Tumbuh 4,5%
Gapmmi mengoreksi asumsi pertumbuhan industri mamin di level 4-4,5% sebagai skenario terburuk mengikuti pertumbuhan ekonomi Indonesia di level 2,3-2,4%.
SOS Industri Baja: Permintaan Anjlok 50%, Modal Kerja Makin Tipis
Jika berlarut-larut tanpa antisipasi, industri hilir dan industri pengguna baja dikhawatirkan tutup secara permanen yang akan sangat berisiko bagi perekonomian nasional.
Desifit Melebar, Risiko Fiskal Harus Dihitung dengan Cermat
Jokowi meminta para menteri terkait untuk melakukan kalkulasi lebih cermat, lebih detil, lebih matang terhadap berbagai risiko fiskal RI ke depan.
Restrukturisasi KUR untuk Peternak Terdampak Covid-19
emerintah memutuskan membebaskan pembayaran bunga dan penundaan pokok angsuran kredit usaha rakyat (KUR) untuk usaha yang terkena dampak Covid-19, paling lama 6 bulan.
Membuat Garasi Lebih Aman dengan Carport Ekonomis
Karena bentuknya terbuka, carport tampak sebagai ruang luar yang menyatu dengan area taman. Efeknya, bangunan ini tidak sepenuhnya menghalangi tampak depan rumah.
Facebook dan PayPal Masuk ke Gojek Dukung Digitalisasi Layanan Pembayaran
Bergabungnya Facebook dan PayPal menyusul Google dan Tencent, mendukung Gojek dalam misi mendorong pertumbuhan ekonomi digital Asia Tenggara, dengan fokus pada layanan pembayaran dan keuangan.
Jokowi Minta Sektor Padat Karya Jadi Perhatian dalam Program PEN
Jokowi menekankan agar program PEN mampu membuat sektor industri padat karya tetap beroperasi. Hal ini penting untuk mencegah PHK dan mempertahankan daya beli.
BI Catat Uang Beredar Capai Rp6.238 Triliun pada April 2020
Perlambatan pertumbuhan uang beredar dalam arti luas (M2) pada April 2020 disebabkan kontraksi operasi keuangan pemerintah dan perlambatan penyaluran kredit.
Menko Luhut Sebut 8.000 Tenaga Kerja Asing Bekerja di Morowali
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyebutkan, hingga hari ini masih ada sebanyak 8.000 tenaga kerja asing yang bekerja di Morowali, Sulawesi Tengah.