Indeks Berita Ekonomi Bisnis 14 Januari 2021

Program B40 Mendadak Batal Lanjut di 2021, Ini Sebabnya
Pemerintah memutuskan untuk menunda program mandatori biodiesel 30 (B30) menjadi biodiesel 40% (B40) di tahun 2021. Hal ini mempertimbangkan tingginya harga CPO dan jatuhnya harga BBM.
Begini Cara Sri Mulyani Berantas Pencucian Uang, Kolaborasi Ditekankan
Menkeu Sri Mulyani membeberkan, pelaksanaan strategi nasional pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang dan tindak pidana pendanaan terorisme (TPPU dan TPPT) di sektor perpajakan dan bea cukai.
Buat Bayar Vaksin, Sri Mulyani Potong Anggaran Kementerian
Kemenkeu menginstruksikan kementerian dan lembaga (K/L) untuk segera menyampaikan usulan revisi anggaran dalam rangka penghematan belanja Tahun Anggaran (TA) 2021.
Berkat Pandemi, Permintaan Produk Olah Raga Meningkat
Pandemi Covid-19 menimbulkan kesadaran masyarakat untuk terus menjaga kebersihan dan kesehatan dan mendorong naiknya permintaan produk-produk olah raga.
Lelang Surat Utang, Sri Mulyani Incar Rp35 Triliun
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyiapkan sebanyak tujuh seri Surat Utang Negara untuk dilelang pada Selasa depan mulai pukul 09.00 WIB sampai 11.00 WIB.
Platform Digital Jadi Kunci Produk RI Menerobos Celah ke Pasar China
Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia, Djauhari Oratmangun mengatakan, peluncuran platform dagang digital IDNStore akan mempermudah produk Indonesia masuk ke China.
Terungkap! Ini Penyebab Lion Air Mutar-mutar & Gagal Mendarat di Pontianak
Pesawat milik Garuda Indonesia dan Lion Air rute Jakarta - Pontianak ramai diperbincangkan di media sosial karena gagal mendarat di Bandara International Supadio, Pontianak kemarin, Rabu (13/1)
Pelonggaran Pembatasan Jumlah Penumpang Pesawat Sudah Disetujui Satgas Covid-19
Kemenhub menegaskan bahwa kebijakan untuk tidak lagi membatasi kapasitas penumpang di pesawat sudah berdasarkan konsultasi dengan Satgas Covid-19.
Duit Rp75 T Disiapkan Sri Mulyani untuk Pengadaan Vaksin, Termasuk Produksi GAVI
Pemerintah telah menyiapkan skema anggaran pengadaan vaksin Covid-19 dengan sejumlah produsen farmasi global sebesar Rp75 triliun.
Sri Mulyani Sita Aset Rp8,9 Miliar Hasil Tindak Pidana Pencucian Uang
Kemenkeu mencatat terdapat penyitaan aset atas empat kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) di sektor perpajakan sepanjang 2020 yang nilainya mencapai Rp8,9 miliar.
Jasa Raharja Bayarkan Santunan kepada 6 Ahli Waris Korban Sriwijaya Air SJ 182
Menindaklanjuti hasil identifikasi 6 penumpang yang menjadi korban kecelakaan jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182, Jasa Raharja terus merespons dengan cepat menyerahkan santunan.
Diserbu Corona, Serapan Biodiesel Anjlok
Realisasi penyerapan biodiesel pada tahun 2020 mencapai 8,40 juta kilo liter (KL). Angka ini lebih rendah dari alokasi yang ditetapkan sebesar 9,55 juta KL.
Berkat Asas Cabotage, Tarif Angkutan Kontainer Domestik Diperkirakan Stabil di 2021
Dengan asas cabotage, pelaku pelayaran domestik dinilai mampu menjaga tarif angkutan kontainer tidak bergerak liar seperti yang terjadi di angkutan global saat ini.
Genjot Bisnis Konsumer di Tengah Pandemi, BNI Andalkan Kekuatan Digitalisasi
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) terus fokus untuk meningkatkan kemampuan channel digital yang dimilikinya sehingga dapat memberikan layanan kepada nasabah dengan melalui satu platform yang lengkap.
Parah! Energi Terbarukan Masih Memble, Kalah Telak dengan Fosil
Pemerintah menargetkan bauran energi baru terbarukan (EBT) mencapai 23% pada tahun 2025. Namun faktanya hingga akhir tahun 2020, bauran EBT baru mencapai 11,51% kalah telak dengan energi fosil.
Asuransi yang Dipakai Sriwijaya Air Masih Belum Dibocorkan
Hingga saat ini belum terungkap nama perusahaan asuransi yang akan membayar klaim dari kasus kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182.
Terbongkar, Pelaku Pencucian Uang Kerap Bawa Uang Tunai Lewat 3 Bandara Ini
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani membongkar, terdapat tiga wilayah paling berisiko dalam pembawaan uang tunai lintas batas hasil tindak pidana pencucian uang (TPPU).
Pemerintah Bikin Platform Dagang Digital Buat Gempur China
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menginginkan dengan adanya platform dagang digital Indonesia Store (IDNStore) yang baru diluncurkan, produk Indonesia dapat menggempur pasar China.
Aksi Cuci Uang Masih Marak, PPATK Selamatkan Rp9 Triliun Tahun Lalu
Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) melaporkan masih maraknya potensi Tindak Pidana Pencucian uang (TPPU) sepanjang 2020 lalu dimana di bidang perpajakan mencapai angka Rp20 triliun.
SE Menaker Soal Upah Dianggap Rentan Timbulkan Konflik Perusahaan
KSPI menentang keras surat edaran Menteri Ketenagakerjaan soal kenaikan 0% atas upah minimum provinsi (UMP) dan upah minimum kabupaten/kota (UMK) tahun 2021.