Nurcholis Arsip Reportase (68 artikel)

Kisah Bendera Pusaka, Seprai dan Warung Tenda Soto
Bendera Pusaka Merah Putih yang dijahit oleh Ibu negara Fatmawati, konon kain berwarna merah yang dijadikan bendera tersebut berasal dari warung tenda soto yang dibeli seharga Rp500 sen.
Sultan Hamid II, Perancang Lambang Negara Garuda Pancasila
Jasa Sultan Hamid II sangat besar terhadap bangsa dan negara ini. Dialah perancang lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. Bagaimana ceritanya?
Ketika H. Muthahar Menyelamatkan Bendera Pusaka
Menyelamatkan &ldquokeberadaan&rdquo bendera Sang Saka Merah Putih dari ancaman penjajahan Belanda bukan pekerjaan mudah. Nyawa pun menjadi taruhannya.
Sepuluh Perkara yang Dibenci Allah SWT
  • BERITA
  • Selasa, 14 Juli 2015 - 17:33 WIB

Sebagian hukama (ulama/ ahli hukum/ ahli agama) mengatakan, Sepuluh perkara yang dibenci oleh Allah SWT yang lahir dari sepuluh macam orang, yaitu
Sembilan Keutamaan Salat Tepat Waktu
  • BERITA
  • Selasa, 14 Juli 2015 - 17:01 WIB

Utsman bin Affan radhiyallahu'anhu berkata, Barang siapa yang sanggup menjaga salat lima waktu tepat pada waktunya, lalu melestarikannya, Allah akan memuliakannya dengan sembilan keutamaan.
Puasa dan Pengendalian Diri
  • TAUSIYAH
  • Kamis, 09 Juli 2015 - 14:30 WIB

Islam sebagai agama penutup adalah agama paling ideal yang dilengkapi perangkat syari'at dengan 5 prinsip tujuan yang dikenal dengan maqoshid syari'ah (tujuan syari'at).
Keheningan Restaurant
  • TAUSIYAH
  • Rabu, 08 Juli 2015 - 12:14 WIB

Sudah lama Cipto tidak makan bersama kedua orang tuanya. Setelah dua tahun lebih berumah tangga, ia merindukan kumpul bersama orang tuanya.
Bolehkah Salat Pakai Cadar dan Sarung Tangan?
Pertanyaan : Bolehkah seorang wanita melaksanakan salat dengan menggunakan cadar dan sarung tangan?
Istighfar adalah Mahkota Doa
  • TAUSIYAH
  • Selasa, 07 Juli 2015 - 10:18 WIB

Allah SWT berfirman, &ldquoLambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka.&rdquo (QS. As Sajadah 32:16)
Penyimpanan Memori Permanen
  • TAUSIYAH
  • Jum'at, 03 Juli 2015 - 10:49 WIB

Dimanakah manusia menyimpan memori? Banyak yang menjawab di otak. Anda pun mungkin berpendapat sama.
Mengangkat Derajat Manusia
  • TAUSIYAH
  • Kamis, 02 Juli 2015 - 10:43 WIB

Dari Amir bin Watsilah, dia menuturkan bahwa suatu ketika Nafi bin Abdul Harits bertemu dengan Umar di Usfan (sebuah wilayah di antara Mekah dan Madinah).
Hukum Berkumur-kumur saat Berpuasa
Pertanyaan :Bolehkah berkumur-kumur saat berpuasa? 
Daarul Quran Raih Lembaga Tahfidz Terbaik se-Dunia
  • BERITA
  • Rabu, 01 Juli 2015 - 21:10 WIB

Daarul Qur'an terpilih sebagai lembaga terbaik dalam khidmat dan tahfidz (penghafal) Alquran se-dunia.
Daging yang Tumbuh dari Barang Haram
  • TAUSIYAH
  • Selasa, 30 Juni 2015 - 21:31 WIB

Abdul Khaer adalah seorang teller di sebuah bank milik pemerintah. Sudah dua tahun ia bertugas menjadi teller. Sikapnya yang ramah dan murah senyum membuat banyak nasabah ingin mengambil antrean di konter miliknya.
Wujudkan Mimpi Amal Salehmu
  • TAUSIYAH
  • Senin, 29 Juni 2015 - 16:57 WIB

Saat perang Khandaq, Rasulullah SAW turun langsung menggali parit bersama para sahabat. Padahal, di perut beliau SAW ada batu mengganjal rasa lapar.
Bagaimana Hukumnya Orang Meninggal Sebelum Bayar Utang Puasa
Pertanyaan :Bagaimana hukumnya ada orang yang masih memiliki utang puasa, lalu meninggal dunia? 
Semakin Dipikir, Makin Sulit
  • TAUSIYAH
  • Jum'at, 26 Juni 2015 - 11:22 WIB

Bila Anda berniat untruk menghafal Alquran, mulailah! Jangan banyak mikir!!! Sebab semakin Anda pikir dan banyak pertimbangan, maka yang biasa terjadi adalah nggak bakal jadi-jadi.
Tidak Batal Menghirup Asap Rokok
Pertanyaan :Bagaimana hukumnya jika kita sedang berpuasa lalu menghirup asap rokok?
Minum Obat Pencegah Haid Selama Puasa Boleh, Asal....
Pertanyaan :Sebagai muslimah, bolehkah minum obat pencegah haid selama Ramadan?
Jangan Terburu-buru Menghafal Alquran
  • TAUSIYAH
  • Selasa, 23 Juni 2015 - 21:56 WIB

&ldquoKalau menghafal 1 hari 1 ayat, lalu kapan bisa jadi hafiz 30 juz?!&rdquo tanya FULAN, salah seorang pria kepada saya.