alexametrics

Michael Agustinus Arsip Jurnalistik

SKK Migas memberikan apresiasi yang tinggi bagi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang melakukan investasi sosial kemasyarakatan di sekitar wilayah operasi mereka. 
Saya enggak terlalu percaya. Ini seperti memindahkan tempat saja. Kalau sekarang pemburu rentenya ada di pengusaha, nanti (impor bawang putih) dipindahkan ke BUMN, ya (pemburu rentenya) pindah ke BUMN, kata Ekonom Indef, Enny Sri Hartati.
HKTI meminta pengurusan izin impor bawang putih tersebut diurus Kemendag saja dan harus benar-benar transparan.
Bagus, asal Bulog dan RNI benar-benar transparan dan tidak berburu rente, ucap Sekretaris Jenderal HKTI, Fadli Zon.
Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menilai, pengaturan stok bawang merah nasional sangat kacau. Hal ini yang menyebabkan stok komoditi ini mengalami kekurangan.
Ekonom dari Institute of Development for Ecomomic and Finance (Indef), Eni Sri Hartati mengaku heran dengan fenomena meroketnya harga bawang putih dan bawang merah.
Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menuding ada perburuan rente di balik krisis stok bawang putih saat ini yang disebabkan keterlambatan impor.
Kementerian Pertanian (Kementan) menuturkan, kenaikan harga bawang putih memiliki efek psikologis luar biasa yang menyebabkan harga bawang merah juga ikut meroket.
Meski telah swasembada, harga bawang merah kini meroket hingga 300 persen hanya dalam waktu tiga minggu.
Produksi bawang merah di dalam negeri telah menyentuh angka satu juta ton, sementara kebutuhannya hanya sekitar 660 ribu ton.
Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan, ada kemungkinan akan terjadi over kuota pasokan bawang putih setelah dibukanya impor bawang putih.
Akibat meroketnya harga bawang merah dan bawang putih, Menteri Perdagangan (Mendag) dimarahi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan memiliki beberapa alternatif penyikapan 332 kontainer bawang putih yang saat ini masih tertahan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya karena tidak memiliki dokumen perizinan impor yang lengkap.
Nanti kita akan duduk dengan mereka (BUMN), ujar Gita usai melakukan inspeksi mendadak di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Jumat (15/3/2013).
Setelah kemarin dimarahi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) karena dianggap tidak tanggap menyikapi lonjakan harga bawang merah dan bawang putih, Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan segera melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Induk Kramat Jati.
Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Bachrul Chairi mengatakan, Kemendag telah menyiapkan mekanisme perizinan satu atap secara online untuk mempermudah pengurusan izin impor bawang putih.
Kementerian Perdagangan mengungkapkan, sekitar 332 kontainer bawang putih di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, tertahan karena didatangkan sebelum Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan).
Jadi di sini enggak ada bawang ya pak? tanya Dirjen Perdagangan Luar Negeri Bachrul Chairi di Gudang PT Tunas Sumber Rejeki, Jakarta, Jumat (15/3/2013).
Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengisyaratkan akan melepas 332 kontainer bawang putih impor yang tertahan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.
Saat ini, sekitar 90 persen SPI sudah selesai, dan diharapkan 135 ribu ton bawang putih impor segera bisa digelontorkan ke pasar dan harganya bisa kembali normal.