Indeks Berita International 17 September 2020

Bikin Merah Telinga, Diplomat AS Sebut China Pengganggu
Diplomat top AS untuk Asia Timur, David Stilwell, mengatakan tindakan China baru-baru ini di seluruh dunia bukanlah tindakan aktor global yang bertanggung jawab
MoskowKlaimVenus sebagai Planet Rusia
Kepala badan antariksa Rusia membuat klaim teritorial atas planet kedua dari matahari, Venus, dengan menyebutnya sebagai Planet Rusia.
Lebih dari 30 Juta Orang di Dunia Terinfeksi Virus Corona
Lebih dari 30 juta orang di dunia dinyatakan telah terinfeksi virus Corona baru di tengah upaya global untuk menemukan vaksin terhadap virus mematikan tersebut.
Rusia: Masalah Palestina Masih Sangat Akut
Rusia mengatakan, masalah Israel-Palestina masih sangat akut, meskipun hubungan antara Israel dan sejumlah negara Arab telah dinormalisasi.
China Protes Kunjungan Wamen Ekonomi AS ke Taiwan
China mengatakan akan membuat respon yang memadai atas kunjungan Wakil Menteri Urusan Ekonomi Amerika Serikat (AS), Keith Krach ke Taiwan.
Lukashenko: Barat Sudah Rencanakan Demonstrasi di Belarusia Selama 10 Tahun
Lukashenko mengatakan, analisis peristiwa yang terjadi di Belarusia menunjukkan bahwa unjuk rasa protes yang melanda negara itu telah direncanakan oleh negara-negara Barat selama lebih dari 10 tahun.
Sekjen PBB: Normalisasi Buka Peluang Selesaikan Masalah Israel-Palestina
Guterres mengatakan kesepakatan normalisasi yang baru-baru ini ditandatangani antara Israel dan dua negara Teluk Arab merupakan peluang untuk kemajuan dalam mencapai solusi dua negara.
Oxfam: Separuh Vaksin Covid-19 Dunia Sudah Dikuasai Negara-negara Kaya
Oxfam menuturkan, sekelompok kecil negara kaya telah membeli lebih dari setengah dari dosis vaksin Covid-19 potensial dari perusahaan farmasi terkemuka.
RI Berharap Bahrain dan UEA Bisa Dorong Penyelesaian Masalah Palestina
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Teuku Faizasyah mengatakan, keputusan normalisasi hubungan UEA dan Bahrain dengan Israel tidak mengubah posisi Indonesia soal Palestina.
Pada Menlu Saudi, RI Sampaikan Kekhawatiran akan Situasi di Yaman
Dalam pembicaraan tersebut, Retno menyampaikan kekhawatiran akan situasi di Yaman dan turut mengecam serangan Houthi ke Saudi.
Trump Mengaku Ingin Habisi Assad, Suriah: AS Negara Teroris!
Suriah menyebut AS sebagai negara yang kurang ajar dan tidak berbeda jauh dengan teroris, sebagai respon atas pernyataan Trump bahwa dia ingin menghabisi l-Assad.
Menlu: Indonesia Dapatkan Akses Vaksin Sebesar 20 Persen dari Total Populasi
Menlu RI, Retno Marsudi mengatakan, Indonesia akan memperoleh vaksin Covid-19 sebesar 20 persen dari total populasi, karena masuk dalam kategori Advance Market Commitment (AMC) dari Gavi Covax Facility.
Nobel Perdamaian untuk Greta Thunberg? Mungkin Saja
Penghargaan Nobel Perdamaian tahun ini bisa jatuh pada aktivis perubahan iklim Greta Thunberg. Gerakan Fridays for Future menyoroti kaitan antara kerusakan lingkungan dan ancaman bagi perdamaian dan keamanan.
Pompeo akan Coba Hidupkan Semua Sanksi PBB Terhadap Iran
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengaku akan kembali ke PBB pekan depan untuk mencoba menghidupkan kembali seluruh sanksi terhadap Iran.
219 Tahanan Kabur dari Penjara di Uganda, Beberapa Bawa AK-47
Para tahanan di penjara Uganda berhasil melawan para penjaga yang jumlahnya lebih sedikit. Sebanyak 219 tahanan pun kabur dengan membawa sekitar 15 pucuk senjata api.