Indeks Berita Ekonomi Bisnis 16 September 2020

Topang Kesehatan Nasional, Kemenperin Dorong Kemandirian Industri Farmasi
Pemerintah terus berusaha memperkuat struktur manufaktur industri farmasi di dalam negeri, antara lain dengan memacu kegiatan riset untuk menciptakan inovasi produk
PSBB DKI Bisa Buat Suku Bunga Acuan Bakal Tertahan
PSBB membuat adanya tekanan terhadap pasar keuangan dan juga nilai tukar rupiah. Saya Kira BI tidak ingin menambah tekanan itu dengan menurunkan suku bunga acuan.
Jaga Nilai Tukar Rupiah Stabil, BI Repo Rate Bakal Ditahan
Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan pada RDG bulan September, Bank Indonesia (BI) diperkirakan berpotensi mempertahankan BI 7-day repo rate (BI7DRR) di level 4,00%.
Isu Pajak Barang Digital 10% Tak Pengaruhi Harga Barang di Shopee
Harus diperjelas bahwa itu bukanlah pajak e-commerce, melainkan pajak barang digital tidak berwujud/jasa digital asal luar negeri. Jadi tambahan pajak ini tidak mempengaruhi harga barang yang dijual di Shopee.
Mantuls, Softex Sekarang Sudah Pakai Energi Listrik Matahari
Tiga tahun terakhir sejak GNSSA dideklarasikan oleh Kementerian ESDM, telah terjadi pertumbuhan yang cukup signifikan dalam pemanfaatan listrik surya.
BLT Dana Desa Tak Terserap Maksimal, Satgas PEN: Sisanya untuk Program Ekonomi Desa
BLT dana desa tidak terserap maksimal. Dari Rp31,8 triliun yang dialokasikan untuk BLT dana desa, diperkirakan yang bisa diserap hanya sekitar Rp11 triliun.
Terungkap! Lahan Gambut RI Terbentuk Sejak 26 Ribu Tahun Silam
Professor of Physical Geography University of Leicester, Susan Page mengungkapkan lahan gambut di Asia Tenggara termasuk RI diperkirakan terbentuk sekitar 26 ribu tahun silam.
Program KOTAKU Bikin Kota-Kota Tak Lagi Jadi Kumuh
Dalam rangka memitigasi dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi Covid-19, Kementerian PUPR telah melaksanakan program padat karya tunai (PKT) di 34 provinsi.
Waduh! Produk Impor Eropa Berlabel POF Banyak Beredar, Kampanye Hitam Sawit RI?
Jika pencantuman label POF ini diteruskan maka akan berdampak negatif pada masa depan sawit Indonesia dan kebijakan tersebut tidak boleh dibiarkan.
Edhy Prabowo Dikabarkan Kritis, Stafsus: Kondisinya Baik-Baik Saja
Menanggapi kabar Menteri KKP Edhy Prabowo sedang kritis, Staf Khusus Menteri KKP Andreau Pribadi mengklarifikasi bahwa kondisi Menteri KKP dalam keadaan yang sangat baik.
Synthesis hadirkan Tempat Kerja Paling Aman dan Nyaman Selama Pandemi
Pandemi Covid-19 telah mengubah cara pandang dunia kerja di Indonesia. Salah satunya, menjadikan rumah sebagai tempat kerja yang paling nyaman dan aman.
Cakep Nih! Kota Tanpa Kabel Mulai Dibangun di Semarang
Kota Semarang terus berbenah agar wilayahnya makin tampak indah dan berestetika. Upaya itu wujudkan dengan memulai pembangunan kota tanpa kabel.
Summarecon Serpong Wujudkan Harmoni Mahakarya dalam Hunian Premium Mozart
Mozart menjadi klaster premium di tengah kawasan Symphonia, ikon baru hunian modern berkonsep hijau dengan visi teknologi terdepan.
Wamen Angela: Kolaborasi Tempat Wisata Jadi Kunci Produk Kreatif Tumbuh Pesat
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo optimistis produk kreatif memiliki potensi besar untuk terus tumbuh pesat namun perlu kolaborasi dengan tempat wisata.
Kabar Baik, 67% Orang Indonesia Pilih Belanja Produk Lokal
64% responden survei di Indonesia (dan 62% secara global) mengatakan dampak ekonomi Covid-19 telah membuat mereka lebih cenderung melacak pengeluaran mereka.
Butuh Lahan Banyak Buat Tol, KemenPUPR Tuntut Inovasi Pembebasan Lahan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta Masyarakat Profesi Penilai (MAPPI) melakukan inovasi-inovasi dalam proses pembebasan lahan.
Pandemi Bongkar Kelemahan Infrastruktur Ekonomi 4.0
Pengamat ekonomi dari INDEF Bhima Yudhistira mengkritisi pengelolaan infrastruktur internet yang serba tidak siap di Indonesia.
Ahok Berkoar-koar Dinilai Cuma Pencitraan di Ruang Publik
Ahok yang berkoar-koar mendapat kritik dari anggota Komisi VI DPR, Herman Khaeron. Menurutnya Ahok tidak sepantasnya melakukan pencitraan di ruang publik dengan menyerang institusinya sendiri.
1,6 juta IKM Ikut Gerakan yang Digagas Pak Jokowi
Kementerian Perindustrian semakin gencar mendorong pelaku industri kecil menengah (IKM) untuk dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru di masa pandemi Covid-19.
ADB Beberkan Strategi Jitu Pulihkan Ekonomi RI Jangka Pendek dan Menengah
Menekan penyebaran Covid-19 adalah langkah utama yang harus diambil, sekaligus sebagai strategi terpenting untuk memulihkan pertumbuhan ekonomi jangka pendek.