Indeks Berita Ekonomi Bisnis 14 Januari 2021

Budidaya Kian Efisien, Struktur Ekonomi Pembudidaya Ikan Membaik
BPS mencatat adanya perbaikan struktur ekonomi masyarakat pembudidaya ikan di akhir 2020. Tercatat NTPi Desember 2020 senilai 101,24 naik 0,58 poin dibanding November.
Usai Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air dan Garuda Gagal Landing, DPR Akan Panggil Kemenhub
Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Aras mengatakan akan memanggil Kemenhub terkait banyaknya kejadian buruk dalam dunia penerbangan yang terjadi di awal tahun.
Bos BI Wanti-wanti Risiko Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme di Era Digital
Bank Indonesia (BI) senantiasa siap dan terus melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) serta Tindak Pidana Pendanaan Terorisme (TPPT).
Bio Farma Sudah Olah 15 Juta Bahan Baku Vaksin Sinovac, Target 1 Juta Dosis per Hari
Bio Farma mampu memproduksi 1 juta dosis vaksin Sinovac dalam satu hari. Dengan begitu hingga Februari mendatang, 15 juta bulk akan siap dikonversi menjadi vaksin Covid-19.
Berkat Harga Gas Bumi USD6/MMBTU, Anggaran Subsidi Listrik Dihemat
Subsidi listrik diperkirakan dapat ditekan hingga Rp51,84 triliun, di bawah ketetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp54,79 triliun.
Duhh..... RPP Sektor Kehutanan dan Perkebunan Rugikan Petani Rp546 Triliun
Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia menilai RPP sektor Kehutanan dan Perkebunan Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) Nomor 11 Tahun 2020 merugikan petani sawit.
Syeikh Ali Jaber Wafat, Mentan SYL Sampaikan Duka Mendalam
Aktivitas Syeikh Ali Jaber mensyiarkan Islam merupakan sumbangan berharga bagi kita semua. Kajian ayat-ayat Alquran dan hadits yang ia sampaikan sangat rinci dan mudah dipahami.
Terungkap! Buruh Ternyata Tak Dilibatkan Soal UMP/UMK 2021
KSPI mengaku tidak mengapresiasi kerja Menaker Ida Fauziyah terkait UMP/UMK 2021 karena dinilai mengabaikan hak buruh dan mementingkan kepentingan pengusaha.
Presiden KSPI Sebut Menaker Hanya Corong Pengusaha
Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menekankan bahwa pihaknya tidak bisa bersimpati kepada Menaker Ida Fauziyah terkait kebijakan upah buruh.
Serikat Buruh Apresiasi Gubernur yang Naikkan UMP/UMK 2021
Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengapresiasi para gubernur yang memutuskan untuk tetap menaikkan UMP dan UMK 2021 di wilayahnya masing-masing.
Vaksinasi Mandiri, Swasta Bisa Bantu Pemerintah Percepat Distribusi
Pihak swasta berkeinginan untuk ikut berpartisipasi dalam menyukseskan dan mempercepat pelaksanaan program vaksinasi ke seluruh masyarakat Indonesia.
Penyesuaian Tarif 6 Ruas Tol Sesuai Tingkat Inflasi, Ini Rinciannya
Tarif untuk JORR, Cipularang dan Padaleunyi masih menyesuaikan besaran inflasi. Bahkan di ruas Cipularang dan Padaleunyi juga memberlakukan rasionalisasi tarif.
Bos Pertamina Nicke Widyawati Dinobatkan Sebagai Top CEO 2020
The Aramco Trading, perusahaan energi global yang berbasis di Saudi Arabia menobatkan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati sebagai Top CEO 2020.
Hipmi Sambut Baik Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo
Hipmi meyakini yakin penunjukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri akan membuat iklim investasi dan stabilitas dunia usaha semakin membaik.
Sri Mulyani Minta Penggunaan Kas Negara Jangan Boros
Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta para pemangku kepentingan untuk mencari cara agar pengelolaan keuangan negara menjadi optimal sehingga tak ada pemborosan.
Aliran Modal Asing Mengalir Deras, Saham Perbankan Kian Perkasa
Berakhirnya ketidakpastian politik di AS dan ketersediaan vaksin Covid-19, aliran modal asing ke emerging market, termasuk Indonesia diprediksi akan membaik.
Naikkan Tarif 6 Ruas Tol di Tengah Pandemi, Ini Penjelasan Jasa Marga
Dengan harapan pada penanganan pandemi Covid-19 melalui program vaksin, Jasa Marga akan melakukan penyesuaian tarif yang sudah tertunda berbulan-bulan lamanya.
350.000 UMKM Gabung ke Ekosistem Digital BRI
Sepanjang tahun 2020, tercatat 350.000 pelaku UMKM yang bernaung di 56 Rumah BUMN dikelola oleh Bank BRI telah tergabung dalam ekosistem digital.
Menko Airlangga: Penyalahgunaan Sektor Jasa Keuangan Masih Kerap Terjadi
Komite Koordinasi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan TPPU serta Tindak Pidana Pendanaan Terorisme menemukan bahwa penyalahgunaan sektor jasa keuangan masih terjadi.
Ketahanan Vaksin Sinovac Belum Bisa Dipastikan, RI Harus Kebut Vaksin Merah Putih
Indonesia perlu mengembangkan vaksin Merah Putih secara cepat untuk menghindari ketergantungan bahan baku vaksin dan vaksin jadi buatan perusahaan global.