Indeks Berita Ekonomi Bisnis 14 Januari 2021

Asuransi yang Dipakai Sriwijaya Air Masih Belum Dibocorkan
Hingga saat ini belum terungkap nama perusahaan asuransi yang akan membayar klaim dari kasus kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182.
Terbongkar, Pelaku Pencucian Uang Kerap Bawa Uang Tunai Lewat 3 Bandara Ini
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani membongkar, terdapat tiga wilayah paling berisiko dalam pembawaan uang tunai lintas batas hasil tindak pidana pencucian uang (TPPU).
Pemerintah Bikin Platform Dagang Digital Buat Gempur China
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menginginkan dengan adanya platform dagang digital Indonesia Store (IDNStore) yang baru diluncurkan, produk Indonesia dapat menggempur pasar China.
Aksi Cuci Uang Masih Marak, PPATK Selamatkan Rp9 Triliun Tahun Lalu
Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) melaporkan masih maraknya potensi Tindak Pidana Pencucian uang (TPPU) sepanjang 2020 lalu dimana di bidang perpajakan mencapai angka Rp20 triliun.
SE Menaker Soal Upah Dianggap Rentan Timbulkan Konflik Perusahaan
KSPI menentang keras surat edaran Menteri Ketenagakerjaan soal kenaikan 0% atas upah minimum provinsi (UMP) dan upah minimum kabupaten/kota (UMK) tahun 2021.
Realisasi Investasi EBTKE Masih Jauh dari Target
Realisasi investasi subsektor Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) 2020 tercatat hanya sebesar USD1,36 miliar lebih kecil dari target USD2,02 miliar.
Bangun Pabrik Vaksin Covid-19, Erick Thohir Minta Bio Farma Gandeng Swasta
Menteri BUMN Erick Thohir, menginginkan Indonesia bisa membangun pabrik vaksin secara mandiri. Dia pun meminta, agar Holding BUMN Farmasi, PT Bio Farma (Persero) menggandeng sejumlah produsen farmasi.
Anggota DPR Ribka Tjiptaning Ogah Disuntik Vaksin Sinovac, Ini Respon Bos Bio Farma
Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir merespons, penolakan yang dilontarkan oleh anggota DPR asal PDIP, Ribka Tjiptaning untuk divaksin Sinovac.
Pengusaha Muda Pede Vaksinasi Bikin Ekonomi Segera Pulih
Selain menjadi harapan sehat dan kebalnya imunitas dalam menghalau virus Covid-19, kehadiran vaksin turut menjadi harapan masyarakat agar kondisi ekonomi segera pulih.
Euforia Jokowi Divaksin Bisa Pulihkan Kepercayaan Investor dan Kerek Investasi
Dimulainya program vaksinasi nasional yang diawali oleh Presiden Jokowi diharapkan mampu kembali memberikan sentimen positif terhadap pemulihan ekonomi Indonesia.
Konsorsium Patimban Mulai Operasikan Car Terminal November 2021
Konsorsium Pelabuhan Patimban saat ini masih menyiapkan perizinan serta fasilitas yang dibutuhkan untuk mengoperasikan car terminal di pelabuhan tersebut.
PPKM Diberlakukan, Pertamina Himbau Gunakan Pembayaran Non Tunai dan Layanan Pesan Antar
Menyusul pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di pulau Jawa dan Bali sejak 11 hingga 25 Januari 2021, Pertamina di wilayah Jawa Bagian Tengah menghimbau para pelanggan menggunakan transaksi non tunai melalui MyPertamina atau memesan produk BBM dan LPG melalui layanan delivery service 135.
Mendag Genjot Ekspor ke Tiongkok Lewat Platform Dagang Digital
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meluncurkan platform dagang digital IDNStore untuk mendorong penetrasi produk Indonesia, khususnya produk UKM.
Capai Efisiensi Biaya dan Waktu, Operasional Drilling Jimbaran Tiung Biru Selesaikan Pengeboran
Proyek Pengeboran Gas oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC) di wilayah operasional Proyek Jambaran Tiung Biru telah mendekati masa akhir. Hingga periode Januari 2021, Operasional Drilling dan Riglees Completion berhasil menghemat waktu pengerjaan sebanyak selama 56 hari lebih cepat dari jadwal.
Airlangga Sebut Jokowi Divaksin Bikin Bursa Saham Indonesia Juara di ASEAN
Airlangga Hartarto menilai, kehadiran UU Cipta Kerja dan Presiden Jokowi yang menjadi orang pertama divaksin Covid-19 menjadi sentimen positif bagi bursa saham Indonesia dan menjadi yang tertinggi di kawasan ASEAN