Indeks Berita Ekonomi Bisnis 29 Mei 2020

Warisan Habibie Dicoret dari Proyek Strategis Nasional, Diganti Drone
Proyek warisan Presiden BJ Habibie yakni pengembangan pesawat R80 dipastikan dikeluarkan dari proyek strategis nasional (PSN). Dimana proyek tersebut akan digantikan dengan drone.
Indonesia Beri Masukan Dalam Studi Kebijakan Perikanan Umum Regional di ASEAN
Pemerintah Indonesia yang diwakili Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berpartisipasi dalam workshop yang bertajuk 1st Technical Workshop on Development of ASEAN General Fishery Policy (AGFP) Feasibility Study
Laporan BI:  KPR Kini jadi Andalan Bank Syariah
Laporan BI menyebutkan KPR mendominasi penyaluran pembiayaan bank syariah. Berbagai inovasi pun ditawarkan oleh bank syariah untuk menggaet milenial yang belum punya rumah
Gara-Gara Corona, Jutaan Orang di Pulau Jawa Terancam Jatuh Miskin
Terdampak oandemi virus corona, penduduk miskin di Pulau Jawa diprediksi bertambah sebanyak 2,13 juta orang pada tahun ini dalam skenario sangat berat.
Brantas Abipraya Persenjatai Diri, Sambut The New Normal
PT Brantas Abipraya (Persero) telah mempersiapkan protokol skenario normalitas baru atau yang dikenal dengan The New Normal
Bank Mandiri Bertahap Operasikan Kantor Cabang
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memastikan akan melakukan pengoperasian normal kantor cabang secara bertahap. Pengoperasian ini sejalan dengan persiapan protokol baru dalam metalanguage aktivitas new normal
Pertamina Raih Penghargaan Internasional EFMD EIP Gold Award
Program Catalyser, yang dikembangkan oleh PT Pertamina (Persero), memperoleh penghargaan internasional, EFMD Excellence in Practice (EIP) Gold Award untuk kategori Talent Development.
Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Berlanjut hingga Surabaya
Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan tetap dilanjutkan oleh pemerintah, dimana akan diteruskan hingga Surabaya.
Mengerucut, 89 Proyek Direkomendasikan Jadi PSN, Nilainya Rp1.422 T
Proyek strategis nasional harus memiliki kriteria antara lain berperan terhadap perekonomian, kesejahteraan sosial, lapangan kerja dan sosial ekonomi masyarakat, serta keberlanjutan lingkungan hidup.
New Normal, Citilink Beroperasi Normal Mulai 1 Juni
Citilink mempersiapkan secara intensif prosedur layanan penerbangan terbaik untuk penumpang dalam rangka menghadapi tatanan kenormalan baru atau new normal.
New Normal, Bappenas Siapkan Protokol Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional /Bappenas saat ini telah menyiapkan protokol masyarakat produktif dan aman Covid-19 untuk menuju tatanan baru atau new normal.
Rupiah Siang Perlahan Pulih Saat IHSG Balik Menguat ke 4.722
IHSG pada perdagangan sesi siang, Jumat (29/5/2020) berbalik menguat setelah sempat tergelincir di awal sesi pagi tadi mengiringi kurs rupiah yang bergerak menanjak naik terhadap dolar Amerika Serikat (USD).
Insentif Tenaga Medis Belum Cair Akibat Terhambat Data
Kemenkeu mengatakan, hingga saat ini belum ada pencairan insentif untuk tenaga kesehatan. Sebab pihaknya belum mengantongi data lengkap tenaga medis dari pemerintah daerah (Pemda).
ADB Utangi BUMN Rp4,5 T untuk Proyek Listrik Panas Bumi
ADB menyetujui pinjaman sebesar USD300 juta (sekitar Rp4,5 triliun) bagi PT Geo Dipa Energi untuk menambah kapasitas pembangkit listrik panas buminya hingga 110 MW.
Pembukaan Mal Belum Jelas, Pengusaha: Kita Tidak Memaksa
Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) bakal mematuhi aturan pemerintah mengenai pembukaan operasional mal pada 5 Juni 2020
Jokowi  Minta 245 Usulan Proyek Strategis Nasional Baru Dikalkulasi Rinci
Presiden Jokowi menegaskan bahwa prioritas harus diberikan kepada proyek strategis yang memiliki daya ungkit besar pada pemulihan ekonomi pascapandemi.
Akhirnya, Setelah 8 Tahun Krakatau Steel Berhasil Cetak Laba
Langkah perbaikan bisnis yang dilakukan Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim sejak 2019 mulai menunjukkan hasilnya di triwulan I/2020 ini.
Pertumbuhan Kredit Perbankan Tumbuh 5,73% di April 2020
Kredit perbankan tumbuh sebesar 5,73% yoy, sementara piutang pembiayaan perusahaan pembiayaan tercatat tumbuh sebesar 0,8% yoy pada April 2020.
Jokowi: Percepat Proyek Strategis yang Berdampak Bagi Rakyat
Presiden Jokowi menekankan bahwa proyek strategis nasional (PSN) yang sedang berjalan akan dipercepat, khususnya proyek yang berdampak langsung bagi penguatan ekonomi rakyat.
Dolar Bergerak Mendatar di Awal Sesi Saat Yuan Jatuh
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada awal perdagangan, Jumat (29/5/2020) dibuka stabil dengan kecenderungan di bawah tekanan dari sesi sebelumnya