Michelle Natalia reportase (3.810 artikel)

Sejak Terpukul Keras Oleh Pandemi, Sri Mulyani Terus Mereformasi Fiskal
Menkeu Sri Mulyani mengatakan, bahwa Indonesia mengantisipasi adanya gejolak perekonomian global yang dinamis. Tidak hanya karena pandemi Covid-19, namun juga terutama yang disebabkan pengetatan kebijakan moneter.
Bukan Cuma Meraih Opini WTP, Sri Mulyani Ingin APBN dan APBD Percepat Pemulihan
Menkeu Sri Mulyani mengucapkan terima kasih Bapak dan Ibu sekalian, dalam memimpin Kementerian Negara dan Lembaga serta daerah tetap mengedepankan juga aspek akuntabilitas penggunaan keuangan negara.
BI: Uang Beredar Naik 9,5% Jadi Rp7.894 Triliun per Agustus 2022
Bank Indonesia (BI) mencatat likuiditas nasional atau uang beredar dalam arti luas (M2) mencapai sebesar Rp7.894,1 triliun pada Agustus 2022.
Bank Indonesia Optimistis Ekonomi RI Tumbuh 5,3% di 2022
Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi 2022 masih bisa tumbuh di kisaran 4,5-5,3%. Hal itu melihat perkembangan perbaikan ekonomi domestik.
Ekonom Terkejut BI di Luar Kebiasaan Kerek Suku Bunga Acuan 50 Bps, Begini Efeknya
Keputusan Bank Indonesia (BI) untuk menaikkan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 50 bps menjadi 4,25% menurut ekonom, di luar kebiasaan dan menjadi langkah mengejutkan.
Negara-negara Maju Terpuruk, Ekonomi Dunia 2023 Makin Gelap
Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan ekonomi dunia di 2023 semakin suram. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi dunia diprediksi semakin rendah disertai dengan tingginya inflasi.
Dana Asing Kabur dari Indonesia Capai Rp9 Triliun Per 20 September 2022
Tekanan dari sisi arus modal asing masih terjadi, meski kinerja Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) diprakirakan membaik sejalan dengan kinerja ekspor yang kuat.
Jaga Inflasi dan Rupiah, BI Naikkan Suku Bunga Jadi 4,25%
Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada tanggal 21 dan 22 September 2022 memutuskan untuk menaikkan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 50 bps menjadi 4,25%.
Suntik Modal Garuda hingga Bank Tanah, Sri Mulyani Minta Tambahan PMN Rp15,5 Triliun
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengusulkan pemberian PMN kepada PT Garuda Indonesia dan PT Hutama Karya, serta Badan Bank Tanah sebesar Rp 15,5 triliun.
Sri Mulyani: Utang RI Lebih Terkendali Dibandingkan Negara Lain
Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan pengelolaan utang pemerintah lebih terkendali dibandingkan negara lain tidak terkecuali negara maju.
FFR Naik Lagi, BI Diprediksi Kian Agresif Naikkan Suku Bunga
Ekonom memprediksi Bank Indonesia (BI) akan merespons kenaikan suku bunga Fed Funds Rate (FFR) dengan agresif di kisaran 25-50 bps dalam kenaikan kali.
Suku Bunga Acuan BI Diramal Terkerek Naik Jadi 4%
Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) pada tanggal 22 September 2022 besok diperkirakan akan melanjutkan kenaikan suku bunga acuan atau BI 7 Days Repository Rate (BI7DRRR).
Pemerintah Alokasikan Dana Insentif Daerah Rp7 Triliun di 2022
Kementerian Keuangan akan menggelontorkan Dana Insentif Daerah (DID) Kinerja Tahun Berjalan bagi pemerintah daerah yang memiliki prestasi.
Airlangga dan Prabowo Gelar Pertemuan Empat Mata Selama 1 Jam, Ada Apa Ya?
Menko Airlangga Hartarto dengan Menhab Prabowo Subianto menggelar pertemuan empat mata selama satu jam, ada apa ya?
Sah, Politisi Golkar Ahmadi Noor Supit Terpilih Jadi Anggota BPK
Ahmadi dipilih menggantikan posisi mantan anggota BPK Harry Azhar Azis yang meninggal pada usia 65 tahun Desember 2021 lalu yang masih menyisakan jabatan.
Sri Mulyani Siapkan Dana Bansos Rp479,1 Triliun Tahun Depan
Sri Mulyani melaporkan anggaran bantuan sosial (bansos) tahun depan. Adapun anggaran tersebut untuk menajaga daya beli masyarakat.
Ekspor Indonesia Catat Rekor Tertinggi dalam Sejarah, Ini Buktinya
Ekspor Indonesia Agustus 2022 yang kembali mencatatkan kinerja positif dengan nilai USD27,91 miliar atau tumbuh kuat sebesar 30,15% (yoy) dan 9,17% (mtm).
Jadi Calon Anggota BPK, Politisi Golkar: Rp2.000 Triliun Kita Buang-buang ke Laut
Ahmadi Noor Supit, calon anggota BPK dari Golkar, mengatakan, jika sistem keuangan negara terus seperti ini, maka APBN ribuan triliun tak akan berdampak apa-apa.
Tak Mau Lunasi Utang ke Negara, Siap-siap Susah Pinjam ke Bank dan Urus SIM
Pemerintah telah mengeluarkan aturan yang berisi berbagai pembatasan kepada para debitor dengan tujuan mereka mau mempercepat pelunasan utangnya.
Ngerinya Dampak Inflasi, Bisa Bikin Kelas Menengah Jatuh Miskin
Ekonom sekaligus Direktur Celios Bhima Yudhistira mengatakan, inflasi berisiko menyebabkan daya beli masyarakat turun hingga bertambahnya orang miskin.