alexametrics

Sudarsono Reportase Jurnalistik (792 artikel)

Selama Relaksasi Impor Bawang, Kementan Catat Kepemilikan RIPH Importir
Kementan melalui petugas Karantina Pertanian, selama masa relaksasi impor bawang akan mencatat apakah importir sudah mengantongi Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) atau belum.
Tak Perlu Impor Pangan, Utamakan Jaminan Pangan Domestik yang Ada
Bila memang ketersediaan pangan domestik katanya cukup (selama masa krisis pandemi Covid-19), itu dulu yang diutamakan. Jangan produk pertaniannya masih ada tapi impor.
Serapan KUR Pertanian Sudah Capai Rp10,2 Triliun, Jatim Tertinggi
Kementan menyebutkan, serapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dikhususkan untuk sektor pertanian terhitung hingga 20 maret 2020 sudah mencapai Rp10,2 triliun.
Hipmi Kecam Permendag Tentang Pembebasan Impor Bawang Putih dan Bombai
Kebijakan yang dikeluarkan menteri perdagangan ini dinilai berdampak langsung pada membanjirnya bawang putih dan bombai impor di dalam negeri yang akan mencederai petani bawang lokal.
Petani Milenial Bali Cetak Omzet Ekspor Rp100 Miliar Lewat Marketplace
Berbagai upaya terus dilakukan untuk menggenjot nilai ekspor pertanian, salah satunya dengan mengembangkan marketplace berbasis aplikasi yang dilakukan para petani milenial di Bali.
Serapan Pupuk Bersubsidi Rendah, Kementan Minta Pemda Percepat pendataan
Keterlambatan pemda menginput data kebutuhan pupuk bersubsidi melalui eRDKK menyebabkan banyak kuota pupuk di beberapa daerah yang tidak sesuai.
Kementan Stabilisasi Harga Cabai dan Bawang di 22 Pasar Jakarta
Hari ini kita mengamankan pasokan dan harga untuk keperluan rumah tangga di DKI Jakarta. Ada 20 ton bawang putih yang kita distribusikan ke pasar tradisional dengan harga Rp30.000 per kilogram.
Stabilkan Harga Cabai, Kementan Operasi Pasar Murah di 6 Pasar Tradisional
Operasi pasar cabai digelar di Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Pondok Labu, Pasar Minggu, Pasar Kramat Jati, Pasar Cijantung, dan Pasar Kebayoran Lama.
Tanggapi Isu Kelangkaan Pupuk, Kementan: Pupuk 2020 Cukup
Kementerian Pertanian mengingatkan alokasi pupuk bersubsidi harus diawasi agar tepat sasaran, dan kuota pupuk hanya bagi kelompok tani sesuai RDKK.
DPR Dukung Imigrasi Upayakan Langkah Hukum Bagi Jurnalis Mongabay
  • DAERAH
  • Kamis, 23 Januari 2020 - 20:16 WIB

Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu menilai langkah Imigrasi Indonesia menangkap dan menahan Philip Jacobson, jurnalis berita sains lingkungan Mongabay.com di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, sudah tepat.
Langgar Izin Tinggal Jurnalis Mongabay Sebaiknya Dideportasi
  • DAERAH
  • Kamis, 23 Januari 2020 - 18:20 WIB

Editor Mongabay asal Amerika Serikat Philip Jacobson, yang sejak 17 Desember 2019 ditahan kantor Imigrasi Palangkaraya atas tuduhan pelanggaran izin tinggal, sebaiknya di deportasi jika terbukti melakukan pelanggaran.
Sawit adalah Energi Masa Depan
Kebijakan implementasi mandatori B30 adalah kebijakan yang tepat. Dengan memanfaatkan sawit sebagai energi, selain menghemat devisa negara juga akan meningkatkan kesejahteraan petani sawit.
KJRI Karachi Fasilitasi Produk Indonesia Masuk ke Pakistan
Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Karachi di Pakistan terus melakukan fasilitasi segala kegiatan ekonomi dan bisnis para pelaku usaha Indonesia di Karachi, Pakistan.
Mentan Syahrul Limpo Minta Perwakilan RI Buka Akses Pasar Dunia Produk Pertanian
Sebagai upaya mendorong Program Gratieks (Gerakan Tiga Kali Ekspor), Mentan Syahrul Yasin Limpo secara khusus meminta para Kepala Perwakilan RI untuk mendukung peningkatan ekspor pertanian.
Indonesia Harus Serius Jaga Pasar Minyak Sawit di Asia Selatan
Di tengah tekanan dan diskriminasi dagang dari Uni Eropa terhadap komoditas minyak sawit, Asia Selatan adalah pasar strategis yang harus dijaga.
Indonesia dan UEA Akan Bangun Masjid Modern di Solo
  • DAERAH
  • Rabu, 18 Desember 2019 - 15:13 WIB

Menag Fachrul Razi memastikan Pemerintah UAE dan Indonesia akan membangun masjid di Solo saat  kunjungan kerja di Abu Dhabi, tanggal 14-17 Desember 2019.
Kementan Akselerasi Ekspor Tujuh Komoditas Perkebunan
Kalau mau pertanian kita hebat, semua pihak harus bersinergi. Swasta dan BUMN harus berperan sebagai mitra petani dan turut membantu petani agar terangkat pendapatan dan kesejahteraannya.
Kementan Koneksikan Jaringan dan Informasi Pertanian Seluruh Indonesia
Kementan menegaskan komitmen untuk membangun pertanian modern berbasis manajemen teknologi informasi yang kuat melalui Agriculture War Room (AWR)
Mentan Syahrul: Tahun Depan Kita Siap Ekspor Beras
Menurut Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Ysin Limpo, tahun depan Kementan akan mendorong ekspor beras yang rencananya berjumlah 100.000 sampai 500.000 ton.
Kementan dan IPB Kolaborasi Bangun Pertanian Berbasis Sains dan Teknologi
Kami butuh dukungan riset untuk menuntaskan persoalan pertanian. Bagaimana losses bisa kita tekan menjadi 3%. Sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan memberikan margin besar bagi petani.