alexametrics

Oktiani Endarwati Reportase Jurnalistik (363 artikel)

Kabinet Jokowi Jilid II Diharapkan Pengusaha Bisa Bangun Kepercayaan Pasar
Kalangan pelaku usaha berharap kabinet ekonomi Jilid II diisi oleh orang-orang yang bisa membangun kepercayaan pasar terhadap iklim usaha dan investasi
Redam Lonjakan Impor Tekstil, Pemerintah Kaji Pengenaan Bea Masuk
Pemerintah tengah mempertimbangkan untuk mengenakan Bea Masuk Tindakan Pengamanan Sementara (BMTPS) dalam rangka meredam lonjakan impor industri tekstil dan produk tekstil
SMI Optimistis Penyaluran Pembiayaan dan Investasi Tumbuh 20% di 2020
PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau PT SMI optimistis tumbuh double digit di tahun 2020, meski ekonomi global sedang mengalami perlambatan
Peringkat Daya Saing Turun, Kadin: Masalah Produktivitas
Dalam laporan WEF yang bertajuk The Global Competitiveness (GCI) Report 2019, Indonesia hanya berhasil mengantongi skor 64,6, turun tipis 0,3 dari tahun lalu.
Tekan Anggaran, Pemerintah Bangun Gerakan Hidup Sehat
Untuk menekan kebutuhan anggaran yang besar untuk pengelolaan obat dan vaksin, pemerintah melakukan efisiensi melalui upaya promotif dan preventif.
Mahal, Vaksin Pneumonia Sulit Digratiskan Sebagai Imunisasi Dasar
Vaksin pneumonia masih sulit dipenuhi sebagai daftar imunisasi dasar yang digratiskan oleh negara karena produk ini masih sepenuhnya diimpor dan harganya mahal.
Ini Tantangan Peningkatan Kesehatan di Indonesia
Ketersediaan obat, vaksin dan alat kesehatan yang terjangkau, merata dan berkualitas masih menjadi tantangan bagi upaya meningkatkan kesehatan nasional.
Soal Aturan Pembatasan Merek dan Kemasan, Pengusaha Minta Pemerintah Adil
Peraturan pembatasan merek dan kemasan di Indonesia dinilai tidak hanya akan merugikan pemilik merek, tetapi juga konsumen karena menimbulkan banyak risiko.
Masih Tertinggal, Infrastruktur Harus Terus Dibangun
Berdasarkan data Bank Dunia, stok aset infrastruktur Indonesia hanya 38% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB), jauh di bawah rata-rata global sebesar 70% PDB.
Kunjungan Turis Agustus 2019 Capai 1,56 Juta
Dari 1,56 juta kunjungan, wisatawan mancanegara asal wilayah Amerika memiliki persentase kenaikan paling tinggi dibanding Agustus 2018 yaitu sebesar 28,18%.
Bea Cukai Tindak 422 Kasus Pelanggaran Jastip
Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat sebanyak 422 kasus pelanggaran terhadap para pelaku jasa titipan (jastip) yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta selama periode Januari-September 2019
Ringkas Perizinan Lewat Omnibus Law, Menteri ATR: Supaya Cepat dan Efisien
Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil menuturkan, pemerintah terus berupaya untuk menciptakan iklim bisnis yang mendukung lewat menyatukan aturan menjadi satu UU atau omnibus law
Manager Forum XLII, HT Tekankan Pentingnya Sektor Agraria
Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengatakan, sektor agraria memiliki peran penting dalam perekonomian nasional dalam Manager Forum XLII
46 Juta Pekerjaan Baru Akan Tercipta di Indonesia Tahun 2030
McKinsey memperkirakan 23 juta pekerjaan di Indonesia akan digantikan oleh otomatisasi. Indonesia perlu menyiapkan transisi keterampilan yang diperlukan untuk adopsi teknologi.
Darmin Sebut Pelonggaran LTV untuk Dongkrak Daya Beli
Menko Darmin Nasution mengatakan, kebijakan pelonggaran Loan to Value/Financing to Value (LTV/FTV) bagi kredit propert diperlukan untuk mendorong daya beli masyarakat
Pemindahan Ibu Kota Jadi Angin Segar Bagi Industri Properti
Pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur (Kaltim) diyakini akan memberikan angin segar serta peluang bagi para pengembang dan pelaku industri properti.
Ada Omnibus Law, Investasi Sektor Properti Bakal Lebih Menarik
Proses perizinan dalam konstruksi bangunan selama ini menjadi hambatan. Padahal, proses tersebut bisa dihapuskan asalkan memenuhi aturan standar yang wajib dipatuhi dalam proses konstruksi.
Sektor Properti Butuh Keselarasan Regulasi dan Insentif Fiskal
Keselarasan regulasi dan tambahan insentif diperlukan sektor properti untuk bisa bangkit dan tumbuh untuk mendorong perekonomian, mengingat ada 174 industri ikutan
Ibu Kota Pindah, Investasi Riil Kaltim Diprediksi Naik 47,7%
Setiap Rp1 triliun investasi sektor konstruksi akan membutuhkan 14.000 tenaga kerja. Adapun total kebutuhan investasi pembangunan ibu kota baru mencapai Rp466 triliun.
Cegah Kebakaran Gambut, Pertamina Kucurkan Dana Rp3 Miliar
Pertamina mengucurkan dana Rp3 miliar untuk mencegah kebakaran lahan gambut dan kerusakan hutan mangrove di area seluas 3.600 ha di Kabupaten Bengkalis, Riau.