alexametrics

Oktiani Endarwati Reportase Jurnalistik (363 artikel)

Dukung Pembiayaan Infrastruktur, Likuiditas Perlu Dilonggarkan
Likuiditas perekonomian masih sangat ketat, terlihat dari rasio M2 atau uang dibanding PDB yang idealnya mencapai 100. Sementara rasio Indonesia hanya berada di kisaran 40 pada periode 2014-2018.
Dana Infrastruktur Kurang, Pemerintah Cari Pembiayaan Alternatif
APBN dalam 5 tahun mendatang tidak cukup untuk membiayai seluruh infrastruktur. Ada selisih yang harus ditambal melalui skema non-APBN sebesar 70% atau Rp1.435 triliun.
Pemerintah Rancang Ulang Kebijakan UMKM sebagai Pilar Ekonomi
Dengan kontribusi UMKM terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) yang mencapai 60% dan penyerapan tenaga kerja 97%, keberadaan UMKM dan Koperasi sangat strategis.
UMKM dan Koperasi Akan Terintegrasi dalam Omnibus Law
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mengatakan, sektor koperasi dan UKM akan diintegrasikan dalam satu UU dengan skema omnibus law terkait penciptaan lapangan kerja
Perkuat Pembiayaan EBTKE, Pemerintah Luncurkan Program CEFIM
Investasi infrastruktur ketenagalistrikan membutuhkan pembiayaan Rp400 triliun per tahun. Untuk itu, diperlukan partisipasi sektor swasta dalam mengembangkan sektor energi.
2020, Perlambatan Global Akan Tekan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Investasi bisa menjadi salah satu penentu jika pemerintah ingin menahan laju perlambatan ekonomi. Di sisi lain, stabilitas politik perlu dijaga jika ingin menarik investasi masuk.
Kucurkan Rp1 Triliun, Investor Inggris Akan Bangun Industri Ban Pesawat di RI
Produsen ban pesawat global asal Inggris, Dunlop Aircraft Tyres akan membangun industri ban pesawat senilai Rp1 triliun di Indonesia
Realisasi Energi Baru Terbarukan Rendah, Arifin Tasrif Dorong Ide Terbaik
Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, Indonesia perlu membuat suatu perencanaan untuk mengoptimalkan penggunaan sumber EBT semaksimal mungkin.
Dorong UMKM Naik Kelas, Kemenkop UKM Siapkan 5 Program Strategis
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menyusun lima program unggulan untuk mendorong produk-produk koperasi dan UKM memiliki daya saing tinggi.
Menko Airlangga Sebut Faktor Global Tekan Industri Manufaktur
Pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang kuartal III/2019 naik 4,35%. Angka pertumbuhan ini melambat dibandingkan periode yang sama 2018.
Penunjukan Suryo Utomo Bukti Kepercayaan Jokowi dan Menkeu ke Internal DJP
Pilihan terhadap Suryo Utomo untuk memimpin Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dinilai tepat oleh pengamat
Deretan Tantangan Bagi Dirjen Pajak Baru Suryo Utomo
Pengamat menerangkan tantangan Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) yang baru, Suryo Utomo tidaklah mudah seiring makin kerasnya tekanan global maupun domestik
PJB Terus Dorong Pengembangan Energi Baru Terbarukan
PT PJB telah melakukan inisiasi dengan melakukan uji coba co-firing di PLTU Paiton, yaitu menggantikan sebagian batu bara dengan wood palet.
Ekonom Ingatkan Tantangan Ekonomi ke Depan Semakin Kompleks
Pelemahan dan resesi ekonomi dunia masih akan menjadi tantangan di era pemerintahan Jokowi-Ma'ruf yang telah dilantik sebagai presiden dan wapres 2019-2024.
Wakil Menteri Diharapkan Tidak Menambah Jalur Birokrasi
Kehadiran 12 orang dalam posisi wakil menteri (Wamen) dalam kabinet Indonesia Maju pemerintahan diharapkan tidak menambah atau memperpanjang jalur birokrasi
Teten Masduki Fokus Angkat UKM Naik Kelas
Presiden bilang ke saya, UMKM harus naik kelas, jangan dipertahankan. Terus kalau mikro harus naik ke kecil, kecil ke menengah, menengah lompat menjadi usaha besar.
Airlangga Diamanatkan Benahi Defisit Neraca Transaksi Berjalan
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, langkah pertama yang diperintahkan oleh Presiden Jokowi adalah memperbaiki defisit neraca perdagangan
Genjot Daya Saing Industri, Pemerintah Perbaiki Supply Chain Industri Hulu
Menperin Airlangga mengatakan salah satu yang perlu diperbaiki adalah supply chain-nya, terutama terkait dengan tumbuhnya industri-industri hulu
Realisasi KUR Bidang Fesyen Capai Rp1,13 Triliun
Kemenko Perekonomian mencatat realisasi penyaluran KUR khusus untuk bidang fesyen dan produk turunannya pada periode Januari-September 2019 sebesar Rp1,13 triliun kepada 45,1 ribu debitur.
Antisipasi Perang Dagang, Kemenperin Akan Hapus 18 Regulasi
Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengungkapkan, akan menghapus 18 regulasi demi mengantisipasi berlanjutnya perang dagang AS dan China