alexametrics

Oktiani Endarwati Reportase Jurnalistik (410 artikel)

Kadin-APBI Dorong Penerapan Bahan Bakar Berbasis Karet Alam
Kadin menilai biji karet dapat dimanfaatkan menjadi bahan bakar nabati yang potensial untuk dikembangkan secara teknis maupun keekonomian di dalam negeri.
Cari Ahli Koperasi, Menteri Teten Lelang 3 Jabatan Eselon I
Diharapkan dari swasta, pelaku dan praktisi usaha yang kompeten dan berkualitas masuk ke jajaran kementerian supaya bisa membantu melakukan pendampingan untuk memajukan ekonomi kerakyatan.
Subsidi Elpiji Dicabut, Menteri Teten Siapkan Voucher Bagi UMKM
Kami usahakan voucher itu bagi UMKM yang memang perlu terutama di sektor mikro yang kegiatan usahanya banyak di sektor makanan dan minuman.
Genjot Ekspor, Kemenperin Petakan 15 Sektor Industri Potensial
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sudah memetakan 15 sektor yang akan mendapat prioritas pengembangan untuk digenjot kinerja ekspornya.
PHRI: Pembangunan Pariwisata Semakin Menekankan Kualitas
Pertumbuhan pariwisata yang berkualitas akan menambah devisa. Namun, untuk menuju pertumbuhan yang berkualitas diperlukan kesiapan destinasi, industri, masyarakat, lingkungan, SDM.
Belanja Wisatawan MICE Lebih Tinggi Dibanding Leisure
Kontribusi wisata leisure ke Indonesia itu sebesar 75% dan MICE 25%. Tapi belanja wisatawan bisnis jauh lebih besar dari wisatawan leisure.
Kemenparekraf Kejar Penyelesaian Infrastruktur 5 Destinasi Prioritas di 2020
Hampir Rp11 triliun untuk membangun infrastruktur. Tidak hanya membangun jalan, kami juga harus berpikir adanya rumah sakit dan SDM untuk melayani wisatawan.
Ekonomi RI 2020 Ditopang Konsumsi Rumah Tangga dan Perbaikan Global
Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 diprediksi bisa mencapai 5,1 hingga 5,2% saat tekanan dari global membaik serta konsumsi domestik diyakini stabil.
Soal Pansus Jiwasraya, YLKI: yang Penting Dana Nasabah Kembali
YLKI menilai, kalaupun DPR jadi membentuk panitia khususu (pansus) untuk kasus Jiwasraya, fokusnya harus pada  pengembalian dana nasabah, bukan yang lain.
Pengaduan Jasa Finansial Dominan, YLKI: Literasi Masih Rendah
Literasi finansial konsumen di bidang jasa keuangan dinilai masih kurang sehingga masyarakat tidak memahami secara detail apa yang diperjanjikan dalam produk jasa finansial tersebut.
YLKI Terima 1.871 Pengaduan Konsumen di 2019, Jasa Finansial Mendominasi
YLKI menyatakan, pengaduan jasa finansial mendominasi sepanjang tahun 2019 di mana 10 besar pengaduan terbanyak berasal dari perbankan, mencapai 106 kasus.
Menperin Sebut Kebijakan Zero ODOL Persulit Industri
Kemenperin meminta Kementerian Perhubungan menunda rencana bebas angkutan barang kelebihan dimensi kelebihan muatan atau overdimension overload (ODOL).
PMI Turun, Menperin Optimis Industri Pengolahan Bisa Bangkit Lagi
Kinerja industri pengolahan yang melambat dikarenakan kondisi ekonomi global yang mengalami tekanan. Ini mempengaruhi kinerja industri pengolahan di dalam negeri.
Data Satu Pintu, Mendag Akan Selektif Impor Pangan
Mendag Agus Suparmanto mengatakan, akan lebih selektif dalam mengimpor komoditas pangan usai bertemu dengan Mentan Syahrul Yasin Limpo.
Target Ambisius Ekspor UMKM, Tumbuh Dua Kali Lipat di 2024
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) menargetkan ekspor usaha mikro kecil menengah (UMKM) tumbuh dua kali lipat pada 2024.
Target Penerimaan Pajak 2020 Dinilai Sulit Dicapai
Untuk mencapai target penerimaan pajak di tahun 2020, pertumbuhan penerimaan perlu meningkat sebesar 23,3% dari realisasi 2019 yang mencapai Rp1.642,57 triliun.
Target Pajak Tak Pernah Tercapai dalam 10 Tahun Terakhir
Pengamat perpajakan dari CITA membeberkan bahwa pemerintah belum berhasil mencapai target pajak yang ditetapkan dalam APBN dalam 10 tahun terakhir.
Digugat Soal Nikel, Indonesia Siap Lakukan Pertemuan dengan Uni Eropa
Indonesia telah menyetujui permintaan konsultasi Uni Eropa (UE) guna membahas kebijakan mineral dan batu bara Indonesia khususnya larangan ekspor nikel.
Menentang Diskriminasi Sawit UE, Indonesia Semangat Bawa ke Jalur Internasional
Wamendag Jerry Sambuaga menuturkan, telah mendapat dukungan dari seluruh K/L terkait, asosiasi dan pelaku usaha serta pratiksi hukum dalam menghadapi Uni Eropa ke panel WTO.
Lawan Diskriminasi Sawit, Kemendag Minta Klarifikasi Langsung ke Uni Eropa
Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersiap melakukan konsultasi langsung kepada Uni Eropa (UE), sebagai salah satu langkah melawan diskriminasi sawit.