alexametrics

Nanang Wijayanto Reportase Jurnalistik (2.324 artikel)

Pembangkit BBM PLN Akan Dialihkan Menggunakan Gas
Sesuai Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ada sekitar 52 pembangkit yang perlu di konversi dari BBM ke gas.
12 Proyek Migas Akan Beroperasi Tahun 2020, Ini Rinciannya
SKK Migas menargetkan 12 proyek hulu migas akan berproduksi pada 2020 dengan investasi USD1,4 miliar dan produksinya diproyeksikan mencapai 7.200 bph.
Tekan Defisit Neraca Perdagangan, KKKS Didorong Jual Minyak Mentah ke Pertamina
SKK Migas terus mendorong KKKS menjual minyak mentahnya ke Pertamina guna membantu neraca perdagangan yang selama ini terbebani impor minyak.
Kejar Visi 1 Juta Barel, SKK Migas Luncurkan Perizinan Satu Pintu
Melalui One Door Service Policy (ODSP), seluruh layanan proses perizinan Kontraktor Kontrak Kerja Sama dilaksanakan dalam satu pintu dan proses lebih cepat.
Pakai Dua Skema Kontrak, 12 Blok Migas Akan Dilelang Tahun Ini
Pada lelang tahun ini, pemerintah memutuskan memberikan keleluasaan bagi investor memilih dua skema kontrak bagi hasil, yakni menggunakan cost recovery dan gross split.
Peningkatan Produksi Blok Cepu Terhambat Izin Amdal
Sesuai regulasi, untuk meningkatkan produksi minyak dari 220.000 barel per hari, menjadi sekitar 235.000 barel per hari ExxonMobil Cepu harus mengantongi izin amdal.
Belum Optimal Serap Minyak Dalam Negeri, Pemerintah Pangkas Jatah Impor Pertamina
Impor crude Pertamina dikurangi 8.000 barel per hari atau 30 juta barel setahun. Jadi, tinggal sekitar 50 juta barel setahun dari 80 juta yang diajukan.
Pertengahan 2020, Orang Kaya Tak Bisa Lagi Beli Elpiji Subsidi 3 Kg
Mekanisme penyaluran elpiji bersubsidi tersebut akan disalurkan kepada golongan masyarakat tidak mampu melalui sistem scan technology atau QR Code.
Lippo Karawaci Kerahkan Tenaga Medis Bantu Korban Banjir
PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) membantu korban banjir Jabodetabek dengan memberi sembako, susu, pakaian dan obat-obatan serta mengerahkan tenaga medis.
Negosiasi Bisnis Blok Rokan Ditargetkan Rampung Bulan Ini
Proses negosiasi bisnis (business to business/b to b) antara PT Pertamina (Persero) dengan Chevron Pacific Indonesia (CPI) diharapkan selesai bulan ini.
Trauma Kasus Century, Nasabah Tolak Pansus Jiwasraya
Nasabah Jiwasraya Budi Setiyono mengaku penolakannya terhadap pansus didasarkan pada trauma kasus Bank Century yang hingga kini tidak menemui kejelasan.
Fleksibilitas Skema Kontrak Migas Akan Berlaku Tahun Ini
Opsi fleksibilitas kontrak yang ditawarkan pemerintah diharapkan mampu menarik investasi blok-blok migas tahun lalu yang belum laku dilelang.
Ini Kekhawatiran Indef Soal Pembentukan Pansus Jiwasraya
Wacana pembentukan Panitia Khusus (Pansus) yang tengah digulirkan di DPR dapat mengganggu upaya penyelamatan PT Asuransi Jiwasraya (Persero).
APBI Dukung Penuh Kewajiban DMO Batu Bara
APBI yang beranggotakan lebih dari 90 produsen batubara dan berkontribusi lebih dari 70% produksi nasional, menaati kebijakan DMO yang diterapkan sejak awal diberlakukan di 2018.
PLN Periksa Instalasi Listrik 2020 Pelanggan Terdampak Banjir Jabodetabek
Pemeriksaan instalasi listrik terdampak banjir ini merupakan bagian dari CSR PLN Peduli, yang bekerjasama dengan anak usaha PLN yaitu Haleyora Power.
Hanura Ungkap Indikasi Mafia Migas dalam Pengadaan LNG
Kontrak impor LNG antara Pertamina dengan anak perusahaan Cherniere Energy Inc., Corpus Christi Liquefaction LLC, disebut tidak berjalan sesuai harapan.
Pangamat Asuransi: Penyehatan Jiwasraya Tak Perlu Pansus
Pansus dikhawatirkan akan menjadi bola liar dengan banyak kepentingan sehingga fokus penyelesaian masalah yakni membayar para nasabah malah jadi terbengkalai.
PNBP Sektor Energi Gagal Capai Target 2019, Arifin Tasrif Beri Penjelasan
Realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada 2019 tercatat mencapai Rp172,9 triliun atau tak mencapai target.
Menteri ESDM Tolak Opsi Impor untuk Turunkan Harga Gas Industri
Dua opsi yang sedang dievaluasi yakni memangkas jatah pemerintah atau melaksanakan kewajiban DMO. Opsi impor ditolak karena memperparah defisit neraca dagang.
Lifting Migas Jeblok, Pertamina Sumbang Penurunan Produksi Terbesar
Pertamina Hulu Mahakam paling besar menyumbang penurunan produksi, disusul Pertamina Hulu Energi ONWJ, Pertamina Hulu Oses, Medco Natuna dan Pertamina EP.